Portal Jatim

55 Siswa SMAN 2 Ponorogo Diterima PTN Jalur SNBP, Tertinggi di ‘Kota Reog’

34
×

55 Siswa SMAN 2 Ponorogo Diterima PTN Jalur SNBP, Tertinggi di ‘Kota Reog’

Sebarkan artikel ini
55 Siswa SMAN 2 Ponorogo Diterima PTN Jalur SNBP, Tertinggi di 'Kota Reog'
Kepala SMAN 2 Ponorogo saat memberikan selamat kepada anak didiknya

PONOROGO – Capaian luar biasa disematkan oleh lulusan kelas XII SMA Negeri 2 Ponorogo. Dimana, puluhan siswa-siswinya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNBP, Poltekes hingga SN-PTKIN.

“Ada sebanyak 55 siswa kami diterima PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Torehan ini merupakan catatan (prestasi) tertinggi di ‘Kota Reog’ tahun ini,” ujar Kepala SMAN 2 Ponorogo, Mursid M.Pd.

Selain itu, ada sebanyak 17 siswa yang diterima PTN melalui jalur Poltekes. Serta sebanyak 17 siswa juga lolos melalui jalur SN-PTKIN.

“Jadi saat ini total ada 89 siswa SMAN 2 Ponorogo yang telah diterima di PTN,” terangnya saat purnawiyata kelas XII, Rabu (17/5/2023).

Perlu diketahui, di tahun ajaran 2022/2023 ini ada sebanyak 354 siswa lulusan SMAN 2 Ponorogo. Dengan rincian 239 siswa dari program IPA dan 105 siswa IPS.

“Masih ada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) maupun jalur mandiri, diharapkan anak didik kami dapat diterima semua -nya di PTN. Masih ada pintu terbuka lebar untuk mendulang masa depan,” bebernya.

Selama tiga tahun mengenyam pendidikan di SMADA, para siswa tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), namun juga ada sentuhan keagamaan dan budaya.

“Artinya tak hanya menjadikan generasi yang pintar, namun juga memiliki karakter. Apa yang telah didapat selama bersekolah disini, diharapkan menjadi bekal dan pedoman (lulusan) untuk menatap masa depan,” imbuhnya.

Bahkan lulusan tahun ini bersentuhan dengan covid-19, banyak pembelajaran yang dilakukan secara daring.

“Namun, mereka (para siswa) mampu menorehkan prestasi membanggakan baik akademik maupun non akademik,” jlentrehnya.

Menanggapi hal itu, Kacabdin Pendidikan Ponorogo, Lena M.Pd mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai para siswa-siswi SMADA.

“Dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah yang baru 6 Bulan menjabat, terbukti SMAN 2 Ponorogo mampu masuk TopTen sekolah unggulan di Jawa Timur tahun ini,” tandasnya.