Portal Jateng

535 Personil Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Kota Pekalongan

10
×

535 Personil Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Kota Pekalongan

Sebarkan artikel ini
535 Personil Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Kota Pekalongan

 

KOTA PEKALONGAN -Sebanyak 535 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Kota Pekalongan yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol-P3KP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng, hingga organisasi masyarakat (ormas) siap mengamankan arus lalu lintas dan ketertiban di Kota Pekalongan saat momen libur lebaran 1444 H/2023 M. Kesiapan ini diawali dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023, yang dipimpin oleh Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi, didampingi Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya, Wakapolres Pekalongan Kota, Hj Pariastutik, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Koyim Maturrohman, dan sejumlah Forkopimda lainnya, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Senin (17/4/2023). Selain mengecek kesiapan para personel, kendaraan maupun sarana dan prasarana dinas yang digunakan untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran juga di cek satu persatu agar masyarakat dapat mudik dengan lancar dan aman tanpa terkendala suatu apapun.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi mengungkapkan bahwa, dalam kegiatan pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2023 yang berlangsung selama 14 hari mulai dari 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023 mendatang ini melibatkan sebanyak 535 orang personel gabungan terdiri dari TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

“Patut disadari bahwa Operasi Ketupat Candi 2023 ini bukan hanya fokus pada arus mudik dan arus balik lebaran saja, tetapi secara keseluruhan juga dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) di wilayah Kota Pekalongan,” ucap AKBP Wahyu.

AKBP Wahyu menegaskan, personel kepolisian dibantu instansi terkait lainnya memastikan siap mengamankan pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 2023 ini. Pihaknya juga mengingatkan agar pemudik memperhatikan semua kelangkapan perjalanan mulai dari surat-surat kendaraan yang akan digunakan mudik. Hal ini dilakukan demi kenyamanan saat mudik ke kampung halaman dan balik kembali ke tempatnya bekerja.

“Untuk pemudik yang memakai kendaraan pribadi, agar memperhatikan kondisi fisik kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya, supaya tidak ada, kendala selama dalam perjalanan,”tegasnya.

Sementara itu, Wawalkot Salahudin menambahkan, saat arus mudik selama 18- 21 April 2023 dari km 72 Tol Cikampek sampai 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang diberlakukan sistem one way, sehingga pemudik dari arah timur akan memanfaatkan jalur pantura.

“Sehingga, hal ini menjadi titik perhatian. Karena, Kota Pekalongan tol tidak lewat, adanya exit tol tapi justru yang tidak lewat tol dari timur ke arah barat ini pada saat arus mudik akan lewat Kota Pekalongan. Untuk keamanan arus mudik dan balik lebaran 2023 ini, dari Pemerintah Kota Pekalongan baik Dinkes, Dishub, Satpol P3KP, BPBD, ormas semuanya sudah disiapkan untuk memback up Operasi Ketupat Candi 2023 agar berjalan aman, lancar, dan tertib, serta bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.*/Ali