Artikel dan UlasanKesehatanKhazanah

5 Alasan Mengapa Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan

1191
×

5 Alasan Mengapa Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan
Berbuka Puasa Dengan Kurma (Foto: Dok. iStockphoto)

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Salah satu tradisi yang telah lama ada adalah memecahkan puasa dengan kurma. Tidak hanya karena sunnah Nabi Muhammad SAW, tetapi juga karena manfaat kesehatan yang luar biasa yang ditawarkan oleh buah manis ini.

Kandungan Nutrisi yang Kaya

Kurma dikenal sebagai sumber energi cepat karena kandungan gula alaminya yang tinggi, yang dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Selain itu, kurma kaya akan serat, yang penting untuk sistem pencernaan yang sehat dan membantu mencegah sembelit, masalah umum selama Ramadhan karena perubahan pola makan.

Mengurangi Rasa Lapar dan Haus

Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa dapat membantu mengurangi rasa lapar dan haus. Ini karena kurma mengandung fruktosa dan glukosa – dua jenis gula yang dapat menimbulkan rasa kenyang dan memuaskan kebutuhan tubuh akan gula setelah berpuasa².

Mudah Dicerna

Kurma mudah dicerna, sehingga tidak memberatkan perut setelah tidak makan selama berjam-jam. Ini membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk berbuka puasa sebelum makanan yang lebih berat.

Sumber Nutrisi Penting

Kurma juga merupakan sumber vitamin B6, magnesium, potasium, dan zat besi yang penting. Nutrisi-nutrisi ini memainkan peran vital dalam banyak fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah, dan menjaga kesehatan otot dan saraf.

Mengikuti Sunnah Nabi

Selain alasan kesehatan, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga merupakan bagian dari mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Beliau sering berbuka puasa dengan kurma dan air, yang menunjukkan pentingnya kurma dalam tradisi Islam.

Kesimpulan

Dengan semua manfaat ini, tidak heran jika kurma menjadi makanan terbaik saat Ramadhan. Baik dari segi nutrisi, kemudahan pencernaan, maupun aspek spiritual, kurma memang layak mendapatkan tempat khusus di meja berbuka puasa umat Islam di seluruh dunia.