Portal Jateng

3 Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg ke KPUD

10
×

3 Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg ke KPUD

Sebarkan artikel ini
3 Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg ke KPUD
Sejumlah pengurus dan kader PAN mendatangi KPUD Sleman (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pada hari ke 12 masa pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Jumat (12/5/2023) tiga Partai Politik di Sleman mendaftarkan sejumlah Bacaleg-nya ke KPUD Sleman, Daerah Itimewa Yogyakarta.

Uniknya, dari tiga Parpol yang mendaftar tersebut, dua Parpol diantaranya kedatanganya ke KPU Sleman ada yang membawa traktor dan ada yang diringi aneka kesenian tradisional.

Ketiga Parpol di Sleman yang mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Jumat sore tadi, adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) dan Golkar. Dari tiga pengurus Parpol yang datang ke KPU secara bergantian tersebut, datang pertamna adalah para pengurus PAN.

Kedatangan pengurus PAN Sleman ke KPUD Sleman ini mereka semua berjalan kaki, dan berada di barisan paling depan adalah para pengurus dengan naik alat pertanian berupa traktor.

Disusul urutan kedua adalah para pengurus PKS yang kedatanganya ke KPU justru lebih Unik lagi. Sebab kedatangan para pengurus ini dikawal sejumlah kelompok kesenian tradisional. Antara lain kesenian badui, hadroh, komunitas divabel, komunitas pesepeda serta para kader PKS dengan memakai kostum ala petani.

3 Parpol di Sleman Daftarkan Bacaleg ke KPUD
Ketua DPD PKS Sleman Indra Gumilang serahkan dokumen pendaftaran bacaleg kepada Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi (Brd)

Sedang datang diurutan ketiga adalah sejumlah pengurus dan kader Partai Golkar yang juga datang ke KPUD Sleman dengan jalan kaki.

Menurut ketiga pimpinan Parpol pendaftar Bacaleg tersebut, semuanya mendaftarkan bacaleg dalam jumlah maksimal, yakni sebanyak 50 orang, atau sama dengan jumlah kursi DPRD Sleman yang dipertebutkan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Ketua KPUD Sleman Trapsi Haryadi, dengan adanya tiga Parpol yang mendaftarkan ke KPU Sleman tersebut, maka sampai hari ke 12 masa pendaftaran Bacaleg, Jumat (12/5/2023), jumlah Parpol di Sleman yang sudah resmi mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Sleman sudah ada lima Parpol.

Padahal, jumlah parpol yang dinayatakan lolos untuk dapat mengikuti Pemilu 2024, sebanyak 18 Parpol. Sehingga Parpol di Sleman yang belum mendaftarkan Bacalegnya ke KPUD Sleman masih ada 13 Parpol.

Sementara, batas akhir pendaftarannya adalah hari Minggu (14/5/2023) Pukul 23.59 WIB. Sehingga, apabalila sampai batas akhir tersebut, ada Parpol yang tidak mendaftarkan diri, maka Parpol bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri, atau tidak mendaftarkan bacalegnya. (Brd)