Ratusan Relawan BPBD Wonosobo Gelar Latihan Gabungan

  • Bagikan
Latgab relawan BPBD Wonosobo (Dok)

WONOSOBO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo menggelar Latihan Gabungan (Latgab) Relawan Penanggulangan Bencana Kabupaten Wonosobo selama tiga hari di Lapangan Watu Gong, Kalierang, Selomerto, Selasa-Kamis (26-28/10/2021). Latgab diikuti sebanyak 120 orang yang berasal dari 69 organisasi relawan di Wonosobo.

Kepala BPBD Wonosobo, Bambang Tri saat ditemui seusai upacara pembukaan mengatakan, latihan gabungan yang baru pertama kali digelar oleh BPBD Wonosobo ini untuk meningkatkan kemampuan para relawan di Wonosobo. Mengingat kemampuan para relawan di Wonosobo masih minim.

“Kabupaten Wonosobo ini kan daerah rawan bencana, jadi latihan seperti ini penting untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para relawan yang masih minim,” katanya, Selasa (26/10/2021).

Dalam Latgab tersebut, pihaknya mengundang pemateri dari berbagai instansi, seperti Basarnas, BPBD, PMI, Dinkes, Dinsos PMD dan DPUPR, sehingga harapannya para relawan nantinya bisa mengetahui secara pasti bagaimana mengatasi bencana, baik sebelum, saat dan paska evakuasi bencana.

“Dengan Latgab ini harapan kami kedepan para relawan yang ada di Wonosobo tambah solid, kompak dan gayeng,” jelasnya.

Kedepan, lanjutnya, latihan seperti ini akan terus dilakukan secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan seluruh relawan yang ada di Wonosobo. Mengingat pada latihan yang pertama ini pihaknya belum bisa mengundang seluruh organisasi relawan yang ada di Wonosobo.

“Kami belum bisa mengundang seluruh organisasi relawan yang ada di Wonosobo yang jumlahnya sekitar kurang 156 organisasi mengingat adanya pandemi dan keterbatasan anggaran,” jelasnya.

Bambang juga mewanti-wanti setiap peserta untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Mengingat Latgab kali ini digelar saat Pandemi Covid-19.

“Seluruh peserta juga telah menjalani tes swab antigen dan dipastikan negatif Covid-19, senantiasa mengenakan masker, serta dalam kondisi sehat selama menjalani latgab,” tandasnya. (YS)

5 Views
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: