Jatuh dari Lantai 5, Satu dari Dua Karyawan Pabrik Karet PT Panca Samudera Meninggal

  • Bagikan
Tempat penjemuran karet PT Panca Samudra, Jalan Kenayan Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang. 

PALEMBANG. portal-indonesia.com – Diduga lalai dan tidak lengkap untuk perlindungan keselamatan kerja, dua orang karyawan pabrik karet PT.Panca Samudera di Jalan Kenayan Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang mengalami kecelakaan kerja, Minggu dini hari (24/10) sekitar pukul 02:30 WIB.

Kedua karyawan tersebut jatuh dari gardan atas lantai 5 tempat penjemuran karet sortiran di pabrik tempatnya bekerja.

Dalam insiden tersebut, satu dari dua karyawan yang meregang nyawa dilarikan ke Rumah Sakit Muhammad Husen Palembang. Naas, nyawa korban tak tertolong.

“Korban meninggal dunia bernama M. Soleh (33 tahun)”, kata Igun, Humas PT. Panca Samudera.

Sedangkan korban yang mengalami cidera patah tulang rusuk dan masih dirawat di Rumah Sakit AK Gani Palembang, namanya adalah Suryadi (30 tahun)

“Korban itu sudah bekerja disini kurang lebih 5 tahun. Kedua korban tinggal di komplek PT Panca Samudera dijalan Kenayan RT 26 RW 25 Kelurahan Karang Anyar Kecamata Gandus Palembang.”, ungkap Igun

Menurut Igun, pihaknya sudah menjalankan prosedur ketenagakerjaan (sesuai SOP). “Untuk masalah yang meninggal, santunan tetap ada”, tambahnya.

Korban Soleh meninggal dunia usai jatuh dari ketinggian lantai 5 di pabrik karena galaran atau tiang kayu tempat penjemuran karet, patah.

“Kecelakaan kerja ini musibah, kembali ke musibah, barang-barang tidak kelihatan, tiang patah dan jatuh ke bawah”, imbuhnya.

Igun mengatakan, tiang kayu tersebut termasuk kayu kelas dan selama ini pihaknya melakukan perawatan serta rutin mengecek kondisi kayu-kayu tersebut.

“Mekanisme perawatannya setiap bulan dan dicek tiga kali dalam satu bulannya, mulai dilihat dari segi retak atau tidak. Jika ada yang patah, maka diganti. Nah itu sudah kita kontrol terus, tapi tidak tau bagaimana kehendak Kuasa, tiba-tiba barang itu patah”, beber Igun.

Sementara itu, pihak kepolisian bersama awak media langsung melakukan pengecekan ke TKP yang dipimpin oleh Kapolsek Gandus Palembang, AKP Kusyanto, SH.

“Ya, ini sedang ada giat jajaran, nanti kita koordinasikan masalah ini,” ungkap AKP Kusyanto, Senin (24/10/2021)

Selanjutnya pada Senin (24/10) siang, rekan awak media sempat menanyakan ke sebagian masyarakat di kawasan pabrik tersebut.

Namun mereka tidak mendengar terkait peristiwa kecelakaan kerja hingga menyebabkan salah satu pekerja meninggal dunia setelah terjatuh dari lantai atas penjemuran karet dipabrik tersebut.

“Kita tidak tau mas, karna pabrik ini kan luas, kita juga kaget sih, kalau mas yang tidak mengungkapkan kejadian yang ada, kamipun tidak tau,” ungkap salah satu masyarakat sekitar. (HS)

22 Views
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: