Gelar Aksi Damai, Puluhan Warga Tuntut SK Kades Clarak Terpilih Dicabut

  • Whatsapp
Koordinator Aksi, Musthofa, saat berorasi di depan Kantor Pemkab Probolinggo, Jatim. (Photo. Hadari)

PROBOLINGGO. portal-indonesia.com – Puluhan warga Desa Clarak menggelar aksi damai di depan Kantor Pemkab Probolinggo, Kamis (14)10/2021).

Mereka menuntut Pemerintah Kabupaten Probolinggo segera mencabut SK Kepala Desa Clarak terpilih.

Bacaan Lainnya

Dalam aksi tersebut, warga membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan pencabutan SK.

Musthofa koordinator aksi mengatakan, permohonan kasasi dari panitia Desa Clarak Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo tidak diterima oleh Mahkamah Agung. “Ini sesuai keputusan Mahkamah Agung yang tertuang dalam surat putusan Nomor 20K/TUN/2021”, terang Musthofa, Koordinator aksi.

Itu, lanjut dia, pihak kami menang dan SK tersebut cacat secara hukum. “Kami berharap, kepada Pj Bupati Probolinggo segara mengambil keputusan, dan panitia Cakades mencabut SK penetapan Kepala Desa Clarak terpilih”, imbuhnya.

Musthofa menambahkan, sesuai dengan isi putusan dari Mahkamah Agung, bahwa SK panitia batal demi hukum. “Maka menurut kami SK Bupati Probolinggo yang dikeluarkan, juga batal demi hukum”, beber Musthofa.

Tuntutan warga Desa Clarak tersebut mendapat respon dari pihak Pemkab Probolinggo

“Kami akan mengkaji lebih lanjut dan segera mungkin akan melaporkan kepada pimpinan”, kata Kabag Hukum Pemkab Probolinggo, Priyo Siswoyo.

Priyo mengatakan, sesuai dengan yang disampaikan, jika berkenaan dengan mencabut SK Bupati tersebut ada dua jalur. “Pertama bisa ditempuh melalui jalur hukum, dengan cara melakukan gugatan kembali kepada PTUN dengan gugatan mencabut SK Bupati, atau cara kedua yakni Bupati sendiri yang mencabut SK tersebut”, pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan