Tumpangsari Tanam Jahe Merah Organik dilahan Pisang

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Pemanfaatan lahan pekarangan atau kebun untuk bisa mengembangkan penghasilan terus dilakukan oleh pemuda Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo dengan menanam ribuan karung jahe merah organik ditempatkan pada sela – sela pohon pisang.

Pantauan wartawan saat berada dikebun jahe merah organik nampak terlihat kondisi tanamannya tumbuh subur padahal usia tanam masih 5 (lima) bulan.

Bacaan Lainnya

Seperti disampaikan pembudidaya tanaman jahe merah organik dan pisang, Susianto saat ditemui di kebunnya mengatakan, ia mengakui disaat tanam jahe merah berimbas pada pertumbuhan tanaman pisangnya.

” Semakin subur dan besar – besar pisang saya yang ada dikebun. Bisa dilihat pertumbuhannya ini sangat pesat dan hampir setiap hari pisangnya panen. Ini merupakan efek dari rembesan air organik dari tanaman jahe merah sehingga pohon semakin tumbuh subur,”Ungkapnya.

Menurutnya, jahe merah yang ia tanam rata – rata tinggi batang sudah mencapai 80 – 1 meter. Hal ini berarti umbi jahe juga terlihat besar sebagaimana terlihat dari besarnya batang pada tanaman jahe merah.

” Perawatan rutin menggunakan pupuk tricoderma dan ditambah dengan rendaman tembakau yang diproduksi oleh Lembaga Konservasi realitanya sangat efektif untuk mengatasi hama pada tanaman dan berfungsi sebagai zvt / percepatan pertumbuhan pada tanaman,”Terangnya.

Selain itu, penyemprotan secara rutin juga dilakukan minimalnya 1 Minggu 3 sampai 4 kali menyesuaikan kondisi cuaca.

Seperti biasanya, disaat musim penghujan secara terus menerus juga berdampak negatif pada tanaman. Sehingga, antisipasi awal harus dilakukan pengompresan dan penyemprotan atau dikocor menggunakan pupuk cair tricoderma agar tidak mudah kena busuk batang dan akar. Jika, perawatan sudah dilakukan tinggal kita mengontrol media tanamannya dan setiap waktu dilakukan penambahan pupuk organik dilihat dari pertumbuhan batangnya.

” Sekarang masih di usia 5 bulan, semoga nanti disaat usia minimal 11 bulan pasca panen nanti harga jahe merah organik terus meningkat dan hasil panen sesuai dengan target yang diharapkan,”imbuhnya.(Beben)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan