Pentingnya Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Siswa di Tingkat SMP

  • Whatsapp
Suasana saat berlangsungnya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) siswa-siswi di halaman SMPN 15 Kecamatan Sukun Kota Malang, Senin (11/10/2021)

KOTA MALANG – Guna membentuk karakter pelajar di Kota Malang dalam pola kedisiplinan dan kepemimpinan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di wilayah Kecamatan Sukun mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Senin (11/10/2021).

Sebanyak -+ 90 an siswa-siswi dari SMPN 15 dan SMPN 30, mengikuti kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, sementara ini siswa SMPN 30 masih satu atap dengan SMPN 15, karena gedung SMPN 30 masih dalam tahap pembangunan sarana dan prasarana pendukung.

Pada kegiatan LDK kali ini, meliputi 4 bidang pilihan, yakni Kader Badan Dakwah Islamiyyah (BDI), Palang Merah Indonesia (PMI), OSIS, dan bidang Jurnalistik.

Kegiatan akan berlangsung selama 3 hari, diawali Minggu (10/10) kemaren sebagai perkenalan. Di hari Senin (12/10), pembekalan baris berbaris dan materi sesuai bidang yang dipilih oleh para siswa.

Wakil Kepala SMPN 15 menyampaikan rasa bangganya. Menurutnya kegiatan itu merupakan upaya guna membentuk siswa berkarakter.

“Saya pribadi ikut senang dengan giat Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), karena melatih siswa untuk disiplin dan tanggung jawab” ujar Wakasek yang akrab dipanggil Bu Pudji kepada portal-indonesia.com.

Sementara menurut Mysunsi salah satu guru perempuan di sekolah ini, pihak penyelenggara akan secepatnya mengevaluasi hasil dari pelaksanaan kegiatan LDK ini.

“Alhamdulilah, akan kita evaluasi sampai besok”, ucap Mysunsi

Salah satu peserta LDK, Nur Azizah Aulia Putri mengatakan kalau dirinya terpilih sebagai kader bidang Jurnalistik secara acak.

“Untuk itu, saya akan berusaha belajar tentang jurnalitik agar menjadi siswa yang berkarakter, mencintai bangsa dan negara”, kata siswi SMPN 30 kelas 7.1 ini saat ditemui portal-indonesia.com setelah mengikuti kegiatan LDK.

Kegiatan LDK yang dilatih oleh Menwa dan panitia itu akan berakhir Selasa (12/10) dan ditutup dengan acara outbond sebagai wujud  kebersamaan sesama siswa yang kuat dan kompak. (Galih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan