Penanaman Terumbu Karang, Dinas Perikanan Situbondo Apresiasi Kelompok BKKL

  • Whatsapp
Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo (Photo. Arief Yuda)

SITUBONDO – Kelompok Balai Konservasi Karang Lestari (BKKL) beberapa waktu melakukan penanaman terumbu karang di kawasan wisata pantai bahari Pasir Putih Situbondo.

Hal tersebut dilatarbelakang keberadaan terumbu Karang di perairan Kabupaten Situbondo telah banyak yang rusak akibat ulah tangan tangan yang tidak bertanggung jawab, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan potensi kekayaan laut dengan melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumberdaya terumbu karang secara berkelanjutan serta menjamin kelestarian dan keanekaragaman hayatinya.

Bacaan Lainnya

Aksi yang telah dilakukan oleh kelompok BKKL tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Perikan Kabupaten Situbondo yang disampaikan melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan, Roy Hidayat.

“Kami sangat mengapresiasi kelompok Balai Konservasi Karang Lestari karena perduli untuk menjaga habitat laut terutama terumbu karang”, katanya saat di konfirmasi portal-indonesia.com di kantornya, Selasa (12/10/2021)

Menurutnya, aksi yang dilakukan oleh kelompok BKKL perlu didukung dan bisa dilakukan oleh beberapa kelompok lainnya sehingga kerusakan terumbu karang bisa diminimalisir.

“Di samping itu, perlu juga ada kesadaran bersama untuk bisa menjaga terumbu karang dari kerusakan”, tambahnya.

Masih menurut Roy, membaiknya terumbu karang, nantinya pembuatan reef garden dapat memunculkan pengembangan potensi wisata dengan minat khusus, dan akan melahirkan pengelolaan kawasan wisata bahari baru, seperti penyelaman (under water) dan kegiatan di bawah laut lainnya.

“Kita menilai pengembangan kawasan wisata bahari pantai Pasir Putih perlu dikembangkan dan diintegrasikan dengan potensi lainnya, salah satunya adalah penyelamatan terumbu karang yang ada,” ujarnya.

Roy menambahkan, sangat besar harapan seluruh komponen masyarakat untuk peduli dan kembali ke laut, menyelamatkan terumbu karang sebagai jaminan ketahanan protein bangsa, dengan melakukan rehabilitasi terumbu karang menggunakan metode transplantasi bersama masyakarat.

“Salah satu upaya menyelamatkan potensi kekayaan laut Indonesia khususnya di pesisir Kabupaten Situbondo, yakni melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan sumberdaya terumbu karang secara berkelanjutan serta menjamin kelestariannya”, urai Roy Hidayat, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan