Jusuf Kalla Canangkan 2 Juta Vaksinasi PMI untuk Indonesia

  • Whatsapp
Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla ketika tinjau vaksinasi di Sleman (Foto : Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Untuk membantu pemerintah dalam upaya mempercepat penyelesaian program vaksinasi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) mencanangkan program 2 juta vaksinasi nasional. Melalui program tersebut, seluruh PMI Kabupaten dan kota se Indonesia akan melakukan pelaksanaan vaksinasi covid -19 di daerahnya masing-masing.

“Dua 2 juta vaksin ini, kita usahakan dalam kurun satu bulan bisa selesai, dan bila dipandang masih diperlukan, masih akan ditambah lagi, hingga Indonesia terbentuk herd immunity,” kata ketua PMI pusat Jusuf Kalla ketika mencanangkan program 2 juta vaksinasi untuk Indonesia yang dipusatkan di Kabuoaten Sleman, Sabtu (9/10/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam pencanangan ini, Jusuf Kalla  menjelaskan bahwa, vaksinasi merupakan upaya efektif untuk mewujudkan terjadinya kekebalan imunitas (herd immunity) dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Program vaksinasi ini perlu dipercepat dengan harapan kondisi kesehatan masyarakat dapat segera yang akirnya roda perekonomian di berbagai daerah juga semakin membaik seperti sebelum ada covid.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Jusup Kala memeinta semua PMI di semua tingkatan baik PMI Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai kecamatan bersama Fasilitas Kesehatan PMI seperti tenaga medis Rumah Sakit, Klinik dan Unit Donor Darah PMI se Indonesia, semuanya bergerak secara aktif dalam melakukan vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Menurut Ketua Bidang Kesehatan & Sosial PMI pusat, Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes untuk melaksanakan program percepatan vaksinasi ini, PMI bekerja sama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, telah melatih 2.356 tenaga vaksinator PMI di seluruh Indonesia dan semuanya telah siap melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi pencanangan Program Nasional Sentra Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh PMI pusat di Sleman ini. Sebab, program tersebut sangat mendukung pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Penyelesaian pandemi COVID-19 ini menurutnya tidak dapat dilakukan sendirian oleh pemerintah dan dilakukan secara parsial. Namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kebersamaan.

“Jika vaksinasi hanya mengandalkan fasilitas pelayanan kesehatan maupun puskesmas saja, maka akan sulit mengejar terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,’ kata Kustini

Dalam pencanangan ini, selain dihadiri oleh pengurus PMI DIY dan pengurus PMI kabupaten dan kota se DIY, juga diikuti secara daring oleh 34 PMI Provinsi di seluruh Indonesia, dan juga perwakilan PMI yang melaksanakan vaksinasi secara bersamaan dengan pencanangan di Yogyakarta, yaitu PMI Provinsi Aceh, Lampung, Gorontalo dan Kalimantan Barat. Hadir juga mitra gerakan PMI delegasi Indonesia dari IFRC, ICRC, Palang Merah Australia, Palang Merah Amerika, serta Palang Merah Jepang. (Brd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan