Awal Laksanakan Tugas Liputan, Jurnalis Media Portal Indonesia di Banyuasin Tancap Gas

  • Whatsapp
Sepriadi dan Budi Wicaksono, Jurnalis media Portal Indonesia di wilayah Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

BANYUASIN. portal-indonesia.com – Peran media, selain sangat penting dalam penyebaran informasi yang aktual dan akurat, juga dibutuhkan dalam penangkalan hoaks yang menyebar. Tak terkecuali kiprah Sepriadi dan Budi Wicaksono sebagai jurnalis media online portal-indonesia.com di wilayah Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Di awal mulai melaksanakan tugas liputan, Senin (3 Oktober 2021), kedua jurnalis media portal-indonesia.com tersebut langsung tancap gas melakukan koordinasi dan audensi dengan pengurus PWI di Kantor PWI Banyuasin.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Sepriadi dan Budi di Kabupaten Banyuasin, disambut hangat oleh Ketua PWI Banyuasin, Diding Karnadi.

Dia sangat mendukung kehadiran kedua jurnalis media portal-indonesia.com di Kabupaten Banyuasin

Ketua PWI Banyuasin berharap, kehadiran media portal-indonesia.com di Kabupaten Banyuasin bisa bekerjasama dalam mengontrol, dan mengingatkan sebagai upaya turut andil membangun Indonesia.

Budi (kanan) bersama Taufik, Pengurus PWI Banyuasin.

Selain melakukan koordinasi dan audensi dengan pengurus PWI Banyuasin, Sepriadi (Kabiro) dan Budi Wicaksono dalam melaksanakan tugas liputan, juga melakukan kunjungan ke sejumlah kantor instansi/dinas di Kabupaten Banyuasin.

Diantaranya, Kantor Diskoperindag, Diskominfo, Kejaksaan Negeri Banyuasin, dan Kantor Dinas PMD Kabupaten Banyuasin.

Ketika tiba di Kantor Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM (Diskoperindag) Kabupaten Banyuasin, keduanya disambut baik oleh Kadisperindag, Erwin Ibrahim ST., MM., M.BA.

Kemudian di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banyuasin, kedua jurnalis portal-indonesia com mendapat sambutan hangat Plt. Kepala Diskominfo, Noffaredy, S.Sos., MM.

Setelah itu, Sepriadi dan Budi Wicaksono menuju kantor Kejaksaan Negeri Banyuasin.

Di kantor Kejaksaan Negeri ini, keduanya diterima baik oleh Kasie Pidsus, M. Lukber Liantama, SH., MH., di ruang kerjanya.

Usia perkenalan dan berbincang-bincang dengan Kasie Pidsus Kejaksaan Negeri Banyuasin, jurnalis portal-indonesia com ini menuju Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banyuasin.

Di kantor tersebut, Sepriadi dan Budi bertemu dengan Yaser, salah satu Kasie pada Dinas PMD Banyuasin

Dalam pertemuan tersebut, Yaser berharap media portal-indonesia.com sebagai salah satu pers, bisa mempublikasikan pembangunan desa-desa yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Banyuasin.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana (Redpel) media portal-indonesia.com, Abdul Hakim, saat dihubungi lewat selulernya mengatakan terdapat beberapa peran jurnalis (media) di tengah-tengah publik. Di antaranya sebagai pemeriksa fakta agar berita bohong tidak tersebar luas, independen, dan memandu arah.

“Prinsip utama seorang jurnalis diantaranya adalah jujur, setia kepada publik, disiplin verifikasi, cerdas menentukan perspektif, berjarak dengan politik praktis, dan menjaga code of conduct,” ujarnya.

Selanjutnya, pria yang dulu sempat mengenyam pendidikan di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menjadi wartawan Memorandum Jawa Pos Group ini menegaskan bahwa musuh terbesar media mainstream saat ini adalah adanya hoaks. Menurut Hakim, hoaks menjadi PR utama.

“Jurnalis itu dibutuhkan dalam penangkalan hoaks yang menyebar”, tandasnya.

Lebih lanjut, Hakim mengatakan bahwa media harus dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi khalayak. Selain itu, tugas media menjadi penyemangat di tengah COVID-19.

“Pada masa seperti saat ini (pandemi COVID-19, media harus banyak menghadirkan konten positif. Hal tersebut dapat menjadi sumber semangat bagi masyarakat,” tukasnya.

“Ingat, Jurnalis harus menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Media, lanjut dia, memang menjadi inspirasi namun juga harus tidak anti kritik. “Jurnalis harus mampu mempublish berita dengan bijak sesuai kode etik jurnalistik (KEJ)”, beber Hakim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan