Wako Lubuklinggau Teken Perjanjian Pinjaman PEN Sebesar Rp125 Miliar

  • Whatsapp

JAKARTA. portal-indonesia.com – Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe tandatangani perjanjian pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp125 Miliar dalam rangka mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di Kota Lubuklinggau.

Penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah dilakukan oleh Direktur
Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani dan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, di Kantor PT SMI, pada Kamis (30/09/2021).

Bacaan Lainnya

Usulan pinjaman PEN Daerah Kota Lubuklinggau kepada PT SMI ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur daerah akibat APBD Kota Lubuklinggau yang harus di realokasi akibat penanganan pandemi. Realokasi APBD dilakukan agar dapat terus mendukung pembangunan sektor prioritas Pemkot Lubuklinggau, yakni penanganan terhadap
infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah kota sebanyak 8 kegiatan, serta pelaksanaan pengawasan sebanyak 8 kegiatan.

Sebelumnya, PT SMI bersama Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia telah melakukan evaluasi bersama, serta mempertimbangkan beberapa faktor risiko atas proposal permohonan yang diajukan oleh Pemkot Lubuklinggau.

Pinjaman yang telah disetujui kemudian disalurkan kepada Pemkot oleh PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu dengan menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani, dalam sambutannya menyatakan, penandatanganan perjanjian pinjaman PEN ini merupakan salah satu bentuk langkah responsif dan dukungan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, atas dampak dari pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekonomian di daerah.

“Dalam pelaksanaan pinjaman PEN ini, PT SMI juga memiliki komitmen untuk senantiasa melakukan pemantauan atas penyaluran dana PEN agar tujuan yang
diusulkan oleh Pemda dapat tercapai sehingga memberikan peningkatan terhadap kualitas infrastruktur daerah, serta mampu menjadi pendorong bagi pemulihan ekonomi di Kota Lubuklinggau,” ungkapnya.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, menyambut baik dukungan yang diberikan oleh PT SMI.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT SMI atas kerja sama ini, mudah-mudahan tujuan atas pinjaman yang diberikan dapat berjalan sebagaimana telah ditetapkan dan mampu memberikan manfaat bagi pengembangan wilayah di Kota Lubuklinggau dan juga pemulihan ekonomi masyarakat,” kata Nanan, Sapaan akrab wali kota.

Kesepakatan yang dilakukan oleh PT SMI dengan Pemkot Lubuklinggau merupakan upaya Pemerintah pusat dalam menyelamatkan perekonomian daerah yang terdampak Covid-19. Program PEN diluncurkan sebagai stimulus untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan