Urus SIM dan Pelayanan di Samsat Situbondo Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

  • Whatsapp
Pengunjung saat mencoba aplikasi PeduliLindungi di Satpras SIM Polres Situbondo (Photo. Istimewa)

SITUBONDO. portal-indonesia.com – Sosialisasi aplikasi PeduliLindungi dilakukan Satlantas Polres Situbondo kepada masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan di kantor pelayanan SIM dan Samsat, Selasa (28/9/2021)

Kasat Lantas AKP Anindita Harcahyaningdyah, S.I.K mengatakan, aplikasi PeduliLindungi ini sebagai syarat melakukan aktivitas ditempat-tempat umum seperti mall, bank dan kantor-kantor pelayanan Pemerintah. Aplikasi tersebut juga sekaligus untuk mengetahui status seseorang sudah menerima vaksin virus corona atau belum.

Bacaan Lainnya

“Kita lakukan sosialisasi langkah-langkah penggunaan aplikasi PeduliLindungi mulai mendownload sampai cara mengaplikasikannya yakni scan barcode dipintu masuk kantor pelayanan SIM dan Samsat”, jelasnya.

Adapun data vaksinasi dan test covid19 yang muncul di aplikasi pedulilindung setelah pengguna men-scan barcode di pintu masuk terdiri dari 4 warna yaitu:

Warna Hijau Ketika pengguna sudah melakukan vaksinasi sebanyak 2 kali dan tidak sedang terinfeksi Covid-19. Ini menandakan bahwa orang tersebut bisa melanjutkan aktivitas di dalam ruang publik.

Warna Kuning Ketika pengguna sudah melakukan vaksinasi sebanyak 1 kali dan tidak sedang terinfeksi Covid-19. Jika muncul warna ini, berarti pengunjung diizinkan masuk ke dalam ruang publik. Namun, tetap dengan menyesuaikan kebijakan dari pengelola tempat

Warna Merah Ketika data vaksinasi pengguna tidak dapat ditemukan dan tidak sedang terinfeksi Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini di aplikasi PeduliLindungi tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum dan dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi.

Warna Hitam Ketika data vaksinasi pengguna tidak dapat ditemukan dan sedang terinfeksi Covid-19 atau kontak dengan kasus Covid selama kurang dari 14 hari.

Lebih lanjut, Kasat Lantas menerangkan bahwa dengan aplikasi PeduliLindungi ini masyarakat tidak perlu repot-repot membawa kartu vaksin karena didalamnya sudah tersedia informasi terkait status seseorang sudah menerima vaksin virus corona atau belum.

“Untuk beberapa hari kedepan akan terus disosialisasikan aplikasi PeduliLindungi, tujuannya agar protokol kesehatan terpantau dan juga untuk kesehatan masyarakat serta petugas pelayanan”, tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan