Berat Jalani Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata, GL Zoo Yogyakarta Pilih Buka 2 Kali Seminggu

  • Whatsapp
Kaum milenial kunjungi GL Zoo (Foto : Bambang S/Portal lndonesia)

YOGYAKARTA – Merasa berat menanggung biaya operasional  selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata, Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta pilih buka hanya saat  akhir pekan atau Sabtu dan Minggu saja.
“Jadi mulai Senin pekan depan GL Zoo tidak buka penuh, tapi hanya buka 2 kali dalam seminggu, Sabtu dan Minggu saja. Ini untuk mengurangi beban operasional yang kami tanggung,”  kata Direktur Utama GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo (Joko ), saat menyampaikan evaluasi selama  10 hari melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata di kebun binatang setempat, Kamis (23/9/2021).
Sebelumnya disebutkan  GL Zoo merupakan salah satu dari 20 destinasi wisata di Jawa yang boleh melakukan uji coba pembukaan destinasi. Uji coba bersama dua tempat wisata lain di DIY,  saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 ini dilakukan sejak 13 September lalu. “Setelah uji coba selama l0 hari ternyata pengunjung yang bisa masuk rata-rata per-hari  tidak lebih 70 orang saja,” keluh Joko.
Menurut dia, salah satu minimnya jumlah pengunjung selama masa uji coba tersebut karena anak usia di bawah 12 tahun tak bisa masuk lantaran belum divaksin. Mereka yang tak lolos aplikasi PeduliLindungi itu disebutkan mencapai  5 atau 6 kali dari yang lolos masuk per-harinya. “Kalau yang bisa masuk hari itu 30 orang, berarti yang ditolak sekitar 200-an orang karena orangtua biasanya bawa anak kecil yang belum vaksin,” ucap Joko.
Dia menyadari  pentingnya peraturan pemerintah yang mewajibkan wisatawan lolos aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut. Karena kalau tidak diterapkan seperti itu pengunjung dari luar kota akan berbondong-bondong menuju objek wisata, dan akan menimbulkan  kerumunan. “Jadi, kami bukan memprotes kebijakan itu. Kami tetap mendukung kebijakan pemerintah,” jelas Joko.
Selama buka saat weekend bagi wisatawan nantinya,  pada pagi mulai jam 6 hingga jam 8 GL Zoo juga membuka kegiatan olahraga bagi mereka yang gemar olahraga pagi. “GL Zoo sudah beberapa minggu ini uji coba kegiatan olahraga pada Sabtu dan Minggu. Selama dua jam mulai pukul 6 pagi kami buka untuk olahraga outdoor. Tidak hanya olahraga bersepeda, tapi juga bisa joging di tempat wisata ini,” tutur dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo saat dimintai komentar soal kebijakan pemerintah dalam  uji coba pembukaan destinasi wisata yang dirasa memberatkan pengelola wisata. Menurut dia,  namanya uji coba perlu diuji dan dicoba dulu. “Kalau ada yang kurang dalam masa uji coba, tentunya akan dievaluasi.

Bacaan Lainnya

Berkait dengan anak usia di bawah 12 tahun yang tidak boleh masuk destinasi wisata, kata Singgih, itu sempat dibicarakan di Kemenparekraf. “Masukan itu akan jadi bahan pertimbangan. Sekarang kan sudah dimulai dari mal, anak usia di bawah usia 12 tahun boleh ke mal dengan syarat orangtua yang mendampingi harus sudah disekrining,” jelas dia. (bams)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan