Pelatihan Pendidikan Karakter Guru TK Se-Kabupaten Bireuen

  • Whatsapp

BIREUEN. portal-indonesia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bireuen, melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan (PKG) Disdikbud Bireuen menggelar Pelatihan Pendidikan Karakter untuk kalangan pengajar atau guru Taman Kanak-Kanak (TK) Se-Kabupaten Bireuen.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala BP, Paud dan Dikmas Provinsi Aceh, As’Ari, S. Pd., M. Pd. Bertempat di Aula Wisma Bireuen Jaya, Senin (20/9/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, As’Ari mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi bagi pendidik terutama pendidikan Taman Kanak-Kanak yang ada di Kabupaten Bireuen.

Selain itu, bertujuan mengaplikasi nilai-nilai yang terkandung dalam nilai-nilai keimanan, kesopanan dalam bentuk pendidikan karakter.

Disebutkan, kalau bicara karakter tidak lain adalah implementasi dan nilai-nilai akhlak, karena sekarang pendidikan akhlak kalau ditingkat sekolah umum.
Namanya aja yang berubah.

Artinya, nilai-nilai yang terkandung secara menyeluruh, tidak lain bagaimana implementasi guru-guru didalam mengajar nanti,

Selain itu, guru harus memahami benar apa yang harus diajarkan, sehingga generasi kedepan memiliki nilai-nilai kesopanan, kearifan, santun dan mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Disebutkan, ada tiga layanan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yaitu layanan 0-2 namanya TPA, layanan 3-4 Kelompok Bermain dan layanan 5-6 namanya Taman Kanak Kanak.
“Penjabaran dari setiap layanan ini berbeda beda,” ujarnya.

Diharapkan diakhir pertemuan nanti, para guru bisa membuat rencana pembelajaran apa yang harus diajarkan dan juga guru yang mengajar memiliki kompetensi, kecerdasan didalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter di dalam pembelajarannya, harap As’Ari.

Sebelumya Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqim, S.Pd., M.Pd., diwakili Kabid PKG Disdikbud Bireuen, Surya, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, pelatihan ini juga untuk lebih meningkatkan lagi pengetahuan dan ketrampilan guru dalam memahami perkembangan karateristik anak.

“Keberadaan guru TK merupakan garda terdepan untuk memastikan anak-anak menjadi generasi berkualitas,” jelasnya.

Disebutkan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (20 – 22/9/2021), di Wisma Bireuen Jaya, dengan menerapkan protokol kesehatan, diikuti 60 orang guru TK dibagi dalam dua kelas.

Pelatihan pendidikan karakter guru Taman Kanak Kanak menghadirkan tiga narasumber berasal dari BP, Paud dan Dikmas Provinsi Aceh, yakni As’Ari, S. Pd., M.Pd., Dara Nurasiah, S.Pd., M.Pd., dan Triana Utari, S.Psi.

“Dana pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dana OTSUS Kabupaten Bireuen, melalui Dipa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen tahun anggaran 2021,” sebut Kabid PKG Disdikbud Bireuen, Surya S.Pd M.Pd.(Hendri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan