Puluhan Petani Desa Kalipurwo Datangi Rumah Kades, Ada Apa?

  • Whatsapp
Perwakilan petani saat mendatangi rumah Kades Kalipurwo (Foto : Wahyudin/Portal lndonesia)

KEBUMEN – Puluhan petani Desa Kalipurwo, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen mendatangi rumah Kepala Desa Kalipurwo Yuli Setianto, Minggu (19/9/2021).

Perwakilan petani ini menyampaikan keluhanya terkait saluran air yang tidak lancar agar segera di normalisasi, mengingat musim hujan sudah mulai dan sering mengakibatkan banjir di wilayah Kalipurwo dan Tambaksari.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan petani bahwa, adanya kiriman air dari Desa Harjodowo dan Desa Lemahduwur yang pembuangan airnya melalui saluran air Kalipurwo, semestinya air lancar tetapi dengan adanya sumbatan di Desa Sidodadi, Kecamatan Puring, mengakibatkan ratusan hektar tanah dan sawah di Desa Kalipurwo dan Desa Tambaksari terendam air.

Perwakilan warga tani diwakili oleh ketua Slamet Santoso, Kawil I Dewi Mujiani, Ili – ili Budi Widiyanto, anggota warga tani Siam dan Suparno.

Slamet Santoso mengatakan bahwa petani Kalipurwo dirugikan dengan adanya saluran air yang berada di wilayah Sidodadi, Kecamatan Puring.

“Kami meminta segera di buka atau di normalisasi supaya kami petani bisa panen, tidak banjir sawah kami bisa panen dengan adanya penutupan saluran air mengakibatkan banjir, menimbulkan penyakit dan petani gagal panen saat musim penghujan,” bebernya

Kades Kalipurwo yang menemui masyarakatnya di teras rumahnya menerima para warga tani dengan baik dan mendengarkan keluhan mereka.

“Saya meminta agar masyarakat bersabar, saya akan segera berkoordinasi dengan Pemdes Sidodadi supaya bisa membujuk warganya, untuk segera membuka saluran air yang di sumbat, untuk kepentingan umun. Saya juga akan berkoordinasi dengan Kecamatan Kuwarasan, Kecamatan Puring dan Dinas Perairan Kebumen,” ujar Kades

Dengan adanya kesanggupan kepala Desa Yuli Setianto terkait tuntutan warga tani akan segera diselesaikan, warga punpun membubarkan diri dengan tertib dan berjanji akan kembali lagi jika persoalan air tidak segera di selesaikan. (Wahyudin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan