Terbit PP 82, Tohari Sarankan Pemda Lekas Garap Perda terkait Pesantren

  • Whatsapp

BONDOWOSO | Portal-Indonesia – Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada 2 September 2021 kemarin. Hal itu Mendapatkan sambutan positif Fraksi PKB Bondowoso.

Ketua Fraksi PKB Bondowoso, Tohari S.Ag, mengapresiasi dan bersyukur atas terbitnya Perpres tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sehingga UU nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren dapat segera direalisasikan dan dilaksanakan,” paparnya.

Sebenarnya FPKB telah mengupayakan agar UU tentang pesantren dapat segera dapat direalisasikan. Bahkan sejak 2020, pihkanya telah melakukan serangkaian upaya agar segera terbit Perda terkait pesantren.

“Karenanya, sejak tahun 2020 FPKB Bondowoso telah mengusulkan Perda Inisiatif tentang Fasilitasi Pesantren. Bahkan usulan FPKB tersebut telah masuk dalam Prolegda di Kabupaten Bondowoso,” paparnya.

Pihkanya berharap, agar pemerintah daerah segera mencari formula kebijakan dan skema regulasi yang dapat menfasilitasi pelaksanaan pendidikan, dakwah dan pemberdayaan yang telah lama dilakukan oleh pesantren.

Menurutnya, pemerintah harus hadir memberikan support pada semua upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh pesantren.

“Baik pemberdayaan dalam ruang pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan dalam ruang ekonomi dan kesehatan,” jelas Katua Komisi I DPRD Bondowoso tersebut.

Agar lebih membumi dan menyentuh substansi, kata dia, selayaknya dalam penyusunan Perda Tentang Fasilitasi Pesantren ini agar membuka ruang partisipasi bagi berbagai organisasi kemasyarakatan.

“Seperti NU dan serta berbagai organisasi alumni pesantren wajib dilibatkan. Agar ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pesantren yang ada di Bondowoso. Demi kesempurnaan Perda Pesantren inisiatif PKB mohon masukan-masukan kepada para pesantren dan pengurus NU,” jelas ketua Fraksi PKB Bondowoso tersebut. (sb)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan