Ini Keluhan dan Rencana Warga Alassumur Lor Terkait Kejanggalan BNPT yang Diterimanya

  • Whatsapp
Sejumlah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima warga KPM di Desa Alassumur Lor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO – Sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Alassumur Lor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengeluhkan bantuan yang diterimanya.

Mereka menduga, ada permainan oknum agen untuk mendapatkan keuntungan lebih besar lewat bantuan program BPNT dari Kemensos tersebut.

Bacaan Lainnya

“Nominal BPNT yang diterima setiap KPM adalah sebesar Rp200.000, namun setelah dihitung nilai barang yang didapat masyarakat jadi kurang dari nominal itu. Disinyalir ada kecurangan dari segelintir oknum agen,” kata salah seorang KPM Alas Sumur Lor, Rabu (01/09/2021), kepada Media.

Sejumlah warga (KPM) di Desa Alassumur Lor ini menyebutkan sejumlah jenis bantuan sembako program BPTN yang diterimanya.

“Kami mendapatkan 5 jenis sembako dari program BNPT, yakni Beras, Telur, Sarimi, Minyak goreng, Gula, Daging Ayam. Bantuannya yang sekarang, seperti ini,” katanya.

“Bantuan yang seharusnya diterima setiap KPM mencapai Rp200 ribu per bulannya, ternyata harga masing-masing jenis bantuan itu setelah ditotal tidak mencapai Rp200 ribu,” tambahnya.

Adanya kejanggalan ini, sejumlah warga Desa Alas Sumur Lor akan mengadukannya ke Menteri Sosial.

“BPNT ini bukan program Pemda Probolinggo tapi program Kemensos. Jadi kami akan mengadukannya langsung ke Ibu Menteri,” kata warga itu sembari berkata lagi bahwa terkait bantuan ini sudah jelas tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019.

“Dalam peraturan tersebut, khususnya pada Pasal 2 poin c, disitu disebutkan, bahwa pemberian bahan pangan dengan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kwalitas, tepat harga, dan tepat administrasi,” pungkasnya.

Kantor Desa Alassumur Lor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Desa Alas Sumur Lor, Sabri, saat dikonfirmasi media terkait 5 jenis bantuan sembako yang diterima warga (KPM) tersebut, membenarkan.

“Benar pak, dari penyaluran bansos BPNT  sembako berbentuk beras, telur, minyak goreng, gula, mie, ikan ayam. Itu lebih layak atau kapasitas yang seperti biasanya,” kata Kades Sabri lewat selulernya.

Sementara itu dari TKSK, Yayan dan Kadis Dinas Sosial, setelah dikonfirmasi terkait temuan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya akan segera turun ke lokasi untuk mengecek kebenarannya.(3R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan