Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal Dimakamkan Secara Prosedur Prokes

  • Whatsapp
Petugas dari Tim RSUD Cut Mutia saat melaksanakan pemakaman sesuai prosedur Protokol Kesehatan Covid 19.

LHOKSEUMAWE – Salah satu pasien terkonfirmasi Covid 19 meninggal dunia di RSUD Cut Mutia Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/6/2021).

Diketahui dari hasil pihak RSUD Cut Mutia, bahwa pasien (almarhumah) berinisial MD (28 tahun), warga Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, memiliki riwayat terpapar Covid-19. Sehingga untuk proses pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19 harus dimakamkan dengan prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Bacaan Lainnya

Ketika jenazah akan dimakam di TPU Desa Kutablang oleh petugas dari Tim RSUD Cut Mutia dengan memakai alat pelindung diri lengkap, sempat terjadi perdebatan dari pihak keluarga.

Namun petugas gabungan Gugus Tugas Covid-19 Kota Lhokseumawe dalam hal ini Danramil 19/Bds Kapten Inf Roni Mahendra bersama Tim Gugus Tugas Covid 19 lainnya memberikan pengertian dan arahan kepada pihak keluarga agar pemakaman jenazah Covid-19 harus disesuaikan dengan prosedur Prokes untuk kepentingan bersama guna mencegah penularan dan bertambahnya korban akan lebih banyak lagi.

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto mengatakan, dalam prosesi pemakaman tersebut pihaknya memerintahkan Danramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 16/Banda Sakti untuk membantu petugas pemakaman dari Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memakamkan jenazah terkonfirmasi Covid 19 di TPU Kuta Blang Banda Sakti Kota Lhokseumawe.

“Sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan pihak Tim Medis RSUD Cut Mutia menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO,” kata Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto, Sabtu (19/06) pagi.

Dandim menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersama sama mencegah penyebaran Virus Corona dengan cara selalu menerapkan Prokes.

“Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, tetap berada di rumah kalau tidak ada hal yang mendesak, dan jika keluar rumah harus memakai masker serta menaati himbauan yang sudah disampaikan pemerintah,” tegas Dandim.

Hadir pada proses pemakaman, diantaranya Danramil 16/Bds Kapten Inf Ronny Mahendra, Kapolsek Banda Sakti Iptu Arifin Ahmad S.Sos., Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe Iptu Yoga Panji.Prasetia S.I.K., Kapolsek Blang Mangat IPDA Fachrulrazi, S.Sos., Perwira Yustisi dari Kodim 0103/AUT Luking Purba, Kepala Bidang Penanganan dan Kesehatan Covid – 19 Ridwan Puteh S.Sos., Anggota Koramil 16/Banda Sakti, Anggota Polsek Banda Sakti, Anggota Kodim 0103/AUT, Anggota Polres Lhokseumawe, Keuchik Desa Pusong baru Hamdan Hamzah, Imam Gampoeng Tgk. M Amin, pihak keluarga almarhumah. (M. Isa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan