Kodim 0103/Aut Tanan Jagung di Lahan Tidur, Kini Mulai Dipanen

  • Whatsapp
Dandim 0103/Aut Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P bersama Ketua Persit KCK Cabang XX Kodim 0103/Aut, dan Kapolres Kota Lhokseumawe di areal tanaman jagung yang mulai dipanen.(Ist)

LHOKSEUMAWE|portal-indonesia com – Kodim 0103/Aut melakukan demonstrasi plot (Demplot) dengan menanam jagung di lahan tidur seluas -+ 2 hektare yang berada di Desa Cot Girek Kandang Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Kemarin, Kamis (22/04/2021), Dandim 0103/Aut Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P memulai panen jagung di lahan tersebut.

Bacaan Lainnya

Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P pada kesempatan ini menyampaikan bahwa pembuatan lahan Demplot tersebut merupakan program Kodim 0103/Aut untuk mewujudkan ketahanan pangan yang ada di wilayah Kodim 0103/Aceh Utara.

“Hari ini kita melaksanakan panen jagung Demplot Kodim 0103/Aceh Utara. Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan Kodim 0103/Aut. Program ini dibuat sebagai contoh kepada masyarakat dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya,” kata Dandim

“Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,“ sambung Dandim.

Dandim berharap, panen raya jagung ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat lainnya untuk menekuni bidang pertanian sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menguatkan ketahanan pangan di wilayah untuk mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir.

“Alhamdulillah masyarakat saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh Kodim 0103/Aut seperti ketahanan pangan yang kita laksanakan saat ini,“ ungkap Dandim.

Dandim juga menjelaskan bahwa lahan Demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan memanfaatkan lahan Kosong di masing-masing Koramil. “Bukan hanya jagung, kita juga mengembangkan tanaman lainnya, seperti sayur kacang panjang, terong dan cabai,“ imbuhnya.

Dandim menambahkan, kegiatan panen jagung ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak. “Ini merupakan wujud nyata peran TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah,” tutupnya.

Hadir pada kegiatan panen jagung ini, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P, Kapolres Kota Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH, Ketua dan Pengurus Persit KCK Cabang XX Kodim 0103/Aut, Plh Kasdim 0103/Aut Mayor Cba Jumiin, Pasiter Kodim 0103/Aut Kapten Inf Nasrudin, Ketua PPL, Pimpinan Klinik Vinca Rosea Azhari, Kapolsek Muara Dua, Danposramil Muara beserta Anggota Babinsa, serta Kelompok Tani Kecamatan Muara Dua.

Tinggalkan Balasan