Pembayaran Ganti Tanah Belum Ada Kejelasan, Warga Guntur Purworejo Bentangkan Spanduk

  • Whatsapp

Warga Desa Guntur, Purworejo saat menggelar aksi seremonial (Foto : M.Fauzi / Portal Indonesia)

PURWOREJO |portal-indonesia.com -Masyarakat yang tanahnya terkena dampak Bendung Bener yang berada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengadakan seremonial di Desa Guntur, meminta agar pembayaran tanahya ada titik terang segera di bayarkan. Aksi seremonial digelar dengan membentangkan spanduk, Senin (22/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam aksi seremonial tersebut, masyarakat juga melakukan orasi dan pembentangan spanduk di jalan masuk proyek Bendungan Bener yang terletak di Dusun Kalipancer, Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Eko Siswoyo selaku koordinator dalam aksi tersebut mengatakan, acara tersebut dilakukan masyarakat sebagai bentuk seremonial asiprasi warga agar segera mendapatkan pembayaran ganti rugi lahan Bendugan Bener supaya segera direalisasikan.

“Tuntutan kami supaya uang ganti rugi lahan tersebut segera dibayarkan karena sampai saat ini sesuai hasil kesepakatan musyawarah ganti kerugian untuk lahan belum dibayarkan,” katanya.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan, dalam aksi tersebut diikuti oleh perwakilan warga yang terdampak Bendungan Bener dari 5 Desa di Kecamatan Bener dan 1 Desa di Kecamatan Gebang.

“Karena sampai saat ini baru terbayarkan 154 bidang dan selebihnya belum terbayarkan, makanya kami meminta kepada pihak PT untuk menghentikan atau istirahat sementara sampai uang ganti rugi itu dibayarkan,” ungkapnya.

Eko menambahkan, pihak warga juga pernah bertemu dengan BPN dan BBWSO serta menyepakati agar suasana kondusif dari pihak PT untuk bisa menghentikan dulu kegiatan proyek di Bendungan Bener.

“Harapnya, agar suara kami segera didengarkan bahwa kami sudah sepakat dengan harga yang ditentukan akan tetapi pada pas hari H kenapa masih diulur – ulur, makanya warga meminta kalau memang sudah disepakati segeralah dibayarkan,”.

Sementara itu Tukiran dari BPN Purworejo saat di konfirmasi melalui WhatsApp hingga berita ini di turunkan belum membalas. (Fauzi)

Tinggalkan Balasan

1 Komentar