Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo yang Petani

  • Whatsapp

Oleh

Drs. Jusuf Harsono M.Si

Bacaan Lainnya

Dosen Ilmu Sosial Politik

Universitas Muhammadiyah Ponorogo

 

SUGIRI SANCOKO adalah pemenang Pilkada Ponorogo tahun 2020. Yang membedakan dari Bupati Ponorogo lainnya adalah bupati dahulu berlatar belakang birokrat dan pengusaha sementara Sugiri adalah seorang petani meskipun pernah menjadi anggota DPRD Propinsi Jawa Timur.

Seorang petani tentu mempunyai visi, kebiasaan dan karakter yang berbeda dengan pengusaha dan birokrat. Pasti nanti akan terjadi cultural schock pada ASN yang dipimpin.

Petani akan biasa mencangkul sebelum menanam. Keduanya tentu akan saling membiasakan. ASN yang terbiasa melayani Bupati yg pengusaha tentu akan merasakan perbedaan irama dengan Bupati yang petani.

Bupati Sugiri terbiasa memakai sepatu ket, kemungkin besar suka gerak cepat atau lari cepat seperti Dahlan Iskan. Semoga Bupati yang petani ini juga sukses memimpin ASN yang terbiasa dengan pengusaha dan masyarakat Ponorogo yg sebagian besar populasinya adalah petani subsistence.

Bupati yang berlatar belakang petani akan berkesan rural dan mistis berhadapan ASN yang metropolis tentu akan bertolak belakang kebiasaan. Hal ini tentu butuh adaptasi dalam banyak hal, termasuk selera konsumsi, pakaian dan humor.

Tantangan Bupati Sugiri sesungguhnya adalah harapan masyarakat luas adanya perubahan yang mendasar tentang kebijakan publik yang menyenangkan masyarakat luas. Bravo perubahan. (***/opini)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan