Tertimpa Longsoran, Penghuni Rumah di Donorejo Purworejo Mengungsi

  • Whatsapp
Anggota Koramil Kaligesing dibantu warga membersihkan material longsoran. (Foto : M. Fauzi / Portal Indonesia)

PURWOREJO|portal-indonesia.com – Sebuah rumah warga di Kecamatan Kaligesing rusak akibat tertimpa material longsor dari tebing setinggi 15 meter. Kini penghuni rumah mengungsi ke rumah kerabat karena khawatir terjadi longsor susulan apabila hujan deras kembali turun.

Tanah longsor tersebut menimpa rumah Jumiyo (45) di Dusun Katerban RT 02 RW 01, Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Tebing yang ada di samping rumah longsor setelah terjadi hujan deras yang tidak kunjung berhenti dari Selasa sore hingga Rabu dini hari.

Bacaan Lainnya

“Kejadian longsor itu kemarin petang,sekitar pukul 22.00 Wib tetapi untuk proses pembersihan baru hari ini, mengingat hujan terus turun hingga pagi hari, ” kata Camat Kaligesing Hariyono S.Sos, MM, Kamis (14/01).

Lebih lanjut Hariyono mengatakan bahwa, dalam menghadapi bencana yang terjadi di wilayah Kecamatan Kaligesing aparat dan masyarakat berkomitmen untuk bersatu padu dengan sigap dan cepat melakukan tidakan penanganan bencana yang terjadi.Untuk kedepannya masyarakat di minta waspada karena potensi hujan di wilayah Kabupaten Purworejo masih tinggi dan Desa Donorejo merupakan daerah rawan selain Desa Jelok serta Kaligono.

“Kami akan terus berkordinasi dengan forkompinda,BPBD dan Satpol PP serta dinas sosial dalam rangka untuk mencukupi kebutuhan logistik yang di butuhkan serta dinas kesehatan yang berkaitan dengan tim medis karena musibah ini berbarengan dengan wabah covid 19,”ungkapnya.

Sementara itu Serka Demyati selaku Babinsa Koramil 03/ Kaligesing menyampaikan setelah mengetahui kejadian tersebut babinsa mendatangi lokasi dengan tindakan megevakuasi pemilik rumah dan melakukan kordinasi dengan pemerintah desa untuk melaksanakan kerja bakti di esok harinya.

“Dalam kegiatan ini personil Koramil Kaligesing di bagi di beberapa titik kejadian tanah longsor yang secara bersamaan menimpa wilayah Kecamatan Kaligesing.”jelasnya.

Jumiyo pemilik rumah mengaku kaget setelah terdengar suara gemuruh yang selanjutnya mengetahui tembok samping rumahnya sudah tertipa material longsor.Kejadian ini menyebabkan jebolnya diding di bagian ruang tamu dan merusak beberapa atap rumah miliknya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada personil TNI dan masyarakat yang telah membantu pembersihan material longsor yang menimpa rumah kami,”pungkasnya.( Fauzi)

Tinggalkan Balasan