Ahmad Wanedi Tinjau Rumah Longsor Di Wilayah Bandulan

  • Whatsapp

MALANG RAYA| Portal-Indonesia.com, Ketua Komisi D, Ahmad Wanedi meninjau rumah longsor diarea Bandulan Gg 1,Kecamatan Sukun Kota Malang,Rabu (13/01/2021)

Dirinya meninjau lokasi tempat terjadinya longsor merespon keinginan warga setempat.

Bacaan Lainnya

Didampingi perangkat RT/RW setempat Ahmad Wanedi beserta Alkasa dari komisi A dari dapil yang sama langsung menuju ke lokasi.Sebelumnya sempat mampir ngopi ke rumah salah satu warga setempat setelah bersama pihak Muspika Sukun menyusuri titik-titik lokasi rawan banjir.

Kronologis terjadinya longsor ,menurut RT setempat.Rumah milik Bu Ani warga RT 12 RW 04 longsor dikarenakan faktor curah hujan yang tinggi.

“Bangunan yang berdiri baru enam bulan itu, ternyata saluran dibangun dibawah bangunan rumah lebih dulu, baru diatasnya didirikan bangunan tempat tinggal” terang ketua RW setempat.

“Sementara saluran yang ada didekat bangunan rumah itu airnya sangat santer/deras sekali jika hujan turun lebat” terangnya lagi.

“Untungnya ketika 4 hari sebelum kejadian.Pemilik rumah merasa tidak nyaman karena mendapati keretakan ditembok rumahnya.Dan kami langsung mengungsikan pemilik rumah” lanjutnya.

“Karena Bu Ani membeli rumah diatas pemilik lahan,maka atas kebijakan pemilik lahan.Akibat kejadian tersebut,Bu Ani dikontrakan rumah untuk sementara.Adapun diperkirakan akibat kejadian itu pemilik rumah mengalami kerugian material sekitar 150 juta rupiah,tanpa terjadi korban pisik”jelasnya.

Melihat langsung kejadian rumah ambrol dilokasi.Ahmah Wanedi merasa prihatin.

“Sebenarnya memang lokasi ini tidak layak ada bangunan rumah.” ujar Wanedi.

“Sebenarnya ini tanah urukan.Sehingga saat debit air tinggi,maka rawan sekali ketika terjadi abrasi (gerusan air) istilahnya.” sambung Wanedi.

“Sebaiknya setelah ini diperbaiki dengan dibuatkan semacam plengsengan dan resapan.Jangan ada lagi bangunan rumah disini.Karena sangat membahayakan.”tegas Wanedi.

“Karena ini warga kita juga.Maka sebaiknya dibicarakan dan dicarikan solusi bersama pihak perangkat terkait.Bagaimanapun ini adalah musibah.Maka rasa empati harus menjadi hal utama.” tandas Anggota dewan dari fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Wanedi mengawali peninjauan lokasi terjadi rumah ambrol karena peristiwa longsor tersebut.Sesaatdi waktu bersamaan ,Wali Kota Malang juga turut meninjau dilokasi yang sama.
(galih)

Tinggalkan Balasan