Ribuan Koin Kuno Diduga Harta Karun Ditemukan Petani Pekalongan

  • Whatsapp
Ribuan keping koin kuno dan rantai yang ditemukan Dahri, seorang petani di Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi, Pekalongan. (Ist)

PEKALONGAN|portal-indonesia.com
Ribuan keping koin uang kuno ditemukan
Seorang petani di Dusun Leles, Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Ribuan keping koin kuno itu ditemukan area persawahan blok krampingan, Kamis (7/1).

Penemu benda kuno, Dahri Rahmanto (60) mengatakan, penemuan koin kuno tersebut ditemukan saat ia sedang mencangkul di sawah miliknya.

Bacaan Lainnya

“Koin kuno itu saya temukan saat mencangkul lahan sawah kemarin siang. Tiba-tiba ada benda seperti kendi. Lalu saya buka dan ada ribuan koin kuno didalam kendi tersebut,” kata Dahri.

Kemudian, ia mencoba mengangkat kendi tersebut. Tapi, setelah diangkat kendi tersebut pecah. “Selain koin kuno, juga ditemukan rantai berwarna hijau dan bokor,” imbuhnya.

Kemudian ia membawa barang-barang temuannya itu ke rumahnya.

ia langsung membawa barang tersebut ke rumah. Setelah dihitung ada 1.997 koin kuno dan beratnya sekira 6 kilogram.

Untuk rantainya sendiri, setelah ditimbang beratnya 1,5 kg dan panjang 144 cm. “Di koin kuno itu juga ditemukan tulisan huruf Cina dan untuk Bakir sendiri beratnya 1,8 kg,” katanya.

Dahri mengungkapkan, penemuan koin kuno ini baru pertama kali di Kabupaten Pekalongan.

Temuan benda kuno itu sendiri setelah dilaporkan ke perangkat desa, lalu ke Pemkab Pekalongan, dan Balai Pelestarian Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. (Ali)

Tinggalkan Balasan