Awali Proker 2021, Pospera Kota Pasuruan Gandeng YSIH Fokus Pelestarian Alam

  • Whatsapp

Sugiarto saat memberikan pemaparan, terkait pelestarian lingkungan kepada Pospera.

PASURUAN | Portal-indonesia.com – Sebagai langkah awal menuju target Program Kerja (Proker) tahun 2021 usai pelaksanaan Rakercab ke-ll pada 25-27 Desember 2020 di Batu kemarin, DPC Pospera Kota Pasuruan, Jawa Timur dengan menggandeng Yayasan Sanggar Indonesia Hijau (YSIH) Pasuruan dalam waktu dekat fokus pada pelestarian alam dan penghijauan berupa penanaman bibit pohon di Kota Pasuruan.

Bacaan Lainnya

Dengan bertandang sekaligus silaturrahmi langsung ke salah satu pegiat atau aktivis lingkungan yakni Sugiarto selaku Direktur YSIH, tepatnya di sumber mata air wisata Kampung Si Hijau Pancar Air di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan pada Minggu (3/1) sekira pukul 09.00 wib pagi.

Dimana para rombongan Pospera yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) DPC Pospera Kota Pasuruan, Dewan Pembina, Ketua Ranting, PAC dan juga jajaran lain, disambut hangat oleh Sugiarto yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari fraksi Golkar dapil V.

Pernah di tahun 2019 lalu, pihak Pospera sendiri juga berencana melakukan penghijauan dengan cara menanam bibit pohon. Namun karena tidak adanya dukungan dari Pemerintah setempat, akhirnya kegiatan itu urung untuk dilakukan.

“Yang pertama kita silaturrahmi ke Pak Sugiarto tidak lain adalah dalam rangka bermitra dengan tokoh pecinta lingkungan, sesuai dengan program kerja Pospera sepanjang tahun 2021. Sebetulnya di tahun 2019 lalu kita juga pernah membahas hal ini, namun terbentur tidak adanya support dari Pemerintahan dan hari ini kita singgung lagi”. Kata Ketua DPC Pospera Kota Pasuruan, Indra Wibisono saat di konfirmasi.

Dalam acara kali ini, DPC Pospera Kota Pasuruan telah menjadwalkan 3 agenda pembahasan sekaligus, diantaranya silaturrahmi dan berkoordinasi dengan tokoh lingkungan hidup yaitu Sugiarto, pembubaran panitia Rakercab ke-ll dan juga pembentukan tim perumus terhadap hasil Rakercab itu sendiri.

Yang mana tujuannya, untuk menyelaraskan adanya usulan-usulan Proker yang masuk dan menjadi kesepakatan bersama selama Rakercab. Dan selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk laporan kerja resmi, oleh DPC Pospera Kota Pasuruan di tahun 2021 kedepan.

Pada agenda tersebut, pihak Pospera juga melakukan evaluasi baik terhadap sejumlah Proker yang belum terealisasi ditahun 2020 kemarin. Maupun terhadap sejumlah hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Rakercab ke-ll, meskipun demikian acaranya pun berjalan dengan aman, lancar dan juga sukses.

“Hari ini kita ada tiga agenda, dan hari ini kita resmi membubarkan panitia Rakercab kedua (2). Sementara untuk hasil program kerja kedepan, selepas ini kita akan adakan rapat internal dan hari ini kita sudah menunjuk sekaligus membentuk tim perumus”. Imbuhnya Indra.

Terlepas dari suksesnya acara Rakercab ke-ll selama 3 hari di Kota Batu, Jawa Timur, tidak lupa dalam hal ini keluarga besar DPC Pospera Kota Pasuruan melalui Indra Wibisono mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung dan juga berpartisipasi.

“Secara keseluruhan Pospera sudah melaksanakan Rakercab dengan sukses, untuk itu ucapan terima kasih kami berikan kepada seluruh donatur yang ikut bersumbangsinh dan para tamu undangan yang juga ikut berpartisipasi. Tidak lupa pula buat seluruh panitia, kami juga mengucapkan banyak terima kasih”. Ucapnya.

Selain fokus penghijauan diwilayah Kota Pasuruan, pihak Pospera sekali lagi juga berencana akan melakukan pelepasan benih ikan dan akan dilarung ke sejumlah titik sungai yang ada di Kota Pasuruan salah satunya di daerah Kelurahan Sebani, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

“Harapan kita dengan adanya dukungan dari Pemerintah dan support langsung dari Pak Sugik ini, kita berupaya untuk merealisasikan penanaman bibit pohon termasuk pembenihan ikan di Kota Pasuruan. Tentunya dengan menjaga keseimbangan ekosistem alam, sesuai dengan habitatnya masing-masing”. Harapannya Indra.

Selanjutnya sebagai bentuk support dan dukungannya kepada Ormas Pospera Kota Pasuruan, Sugiarto secara pribadi juga siap menyumbangkan sebanyak 1000 bibit pohon produktifitas yang sesuai dengan kondisi geografis atau iklim yang ada di Kota Pasuruan.

Dengan kehadiran Pospera turut berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan alam, Sugiarto menilai bahwa hal tersebut semakin manambah Kader yang peduli terhadap lingkungan. Dan hal tersebut menurutnya patut untuk didukung.

“Yang pasti saya secara pribadi senang banget dan bersyukur, tentunya seringkali saya ucapkan kalau lingkungan itu setara dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Dan ini mutlak merupakan tanggung jawab bersama, termasuk disini ada Pospera tentu patut kita dukung. Kita sebagai khalifah di bumi ini, sudah diwajibkan bahkan dalam agama bahwa bumi harus dilestraikan”. Ujar Sugiarto, atau yang akrab dipanggil Kang Ugik.

Lebih lanjut Dirinya juga memberikan pesan kepada Pospera, bahwa hidup itu perlu ada jalinan komunikasi yang baik dengan siapapun.

“Kita siap berkomunikasi terus dan tidak segan-segan membantu, intinya kita tidak bisa hidup sendiri dan perlu jejaring. Pesan saya yang harus anda pakai yaitu bagaimana cara kita memanusiakan manusia, dan jangan jadi momok bagi masyarakat. Itu saja, dan saya yakin Pospera akan terus jalan”. Pesannya Kang Ugik.

Perlu diketahui bersama bahwa segala bentuk kegiatan semacam sosial yang banyak dilakukan oleh pihak Pospera terutama di Kota Pasuruan, banyak menuai pujian dan juga apresiasi dari berbagai elemen dan kalangan masyarakat.

Salah satunya sebuah apresiasi yang disampaikan langsung oleh salah satu LSM yang ada di Kota Pasuruan, dalam hal ini yakni Imam Rusdian selaku Ketua Aliansi Cakra Berdaulat Kota Pasuruan.

“Saya sangat apresiasi sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman Pospera, salah satunya mengenai kesiapan kegiatan pelestarian lingkungan. Karena pelestarian lingkungan adalah menjadi kewajiban dan tangung jawab setiap manusia yang ada di muka bumi ini, agar memelihara, merawat, menjaga sekaligus melestarikan”. Pungkasnya Imam.

Sejauh ini dengan apa yang telah dilakukan oleh pihak Pospera Kota Pasuruan, berharap agar hal tersebut dapat menjadi motor penggerak atau penggugah khususnya bagi para elemen masyarakat lain terutama bagi Pemerintah itu sendiri.

Maka dengan begitu, sinergitas atau kolaborasi baik antar masyarakat maupun dengan Pemerintah betul-betul terjalin dan berjalan dengan baik. (Eko/Ghana)

Tinggalkan Balasan