Gegara Nyalakan Rokok, Seluruh Rumah Tukino Hampir Terbakar

  • Whatsapp
Petugas saat memeriksa rumah milik Tukino di Desa Redisari, Kecamatan Rowokele, Kebumen. (Hms)

KEBUMEN|portal-indonesia.com – Saat meninggalkan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan dicek kembali, termasuk kompor harus sudah dimatikan.

Baru-baru ini karena lupa mematikan kompor, rumah milik Tukino (61) warga Desa Redisari, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen hampir ludes terbakar, Sabtu (02/01/2021) siang.

Bacaan Lainnya

Beruntung, sebelum api mulai membesar kejdian itu diketahui warga dan segera dipadamkan sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan air di dekat rumah.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto mengungkapkan, kebakaran bermula saat Kuswanto (20) anak korban menyalakan rokok menggunakan kompor gas.

“Setelah menyalakan rokok, kompor gas lupa ditinggal dalam keadaan menyala. Di atas kompor ada wajan yang berisi minyak goreng. Api selanjutnya membesar,” jelas Iptu Sugiyanto.

Saat api mulai membesar, salah seorang warga melintas di dekat rumah korban dan melihat kepulan asap.

Warga yang panik selanjutnya berkumpul dan mengambil air memadamkan api agar tidak membesar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian, korban harus menelan kerugian kurang lebih 5,5 juta Rupiah karena dapurnya rusak.

Entah apa yang akan terjadi jika kebakaran tidak segera diketahui warga. Rumah korban yang terbuat dari dinding tripleks akan sangat mudah terbakar.

Agar aksi serupa tak terulang kembali, Kasubbag Humas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih teliti saat meninggalkan rumah.

“Saat akan pergi, kompor, kran air harus sudah dimatikan. Jendela, pintu, harus benar-benar terkunci. Luangkan sedikit waktu untuk kembali mengecek hal itu,” imbau Kasubbag Humas. (Ahmad/Hms)

Tinggalkan Balasan