Wisatawan Lokal Asal Sidoarjo Hilang Terseret Arus di Pulau Tabuhan

  • Whatsapp

Proses pencarian korban hilang oleh Tim SAR gabungan. (Ist)


BANYUWANGI|portal-indonesia.com – Niat mau berwisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi, namun nasib berkata lain. Sejumlah wisatawan lokal mengalami musibah.

Bacaan Lainnya

Informasi portal-indonesia.com menyebutkan, bahwa sejumlah wisatawan lokal yang mengalami musibah, berjumlah lima orang dan semuanya berasal dari Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kelima orang wisatawan lokal tersebut diduga hilang karena terseret ombak.

Mereka berangkat dari kawasan Grand Watudodol (GWD), Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi menuju ke Pulau Tabuhan, Sabtu (26/12/2020) dan tiba di Pulau Tabuhan sekitar pukul 11.00 WIB.

Tiba di pulau berpasir putih itu, korban dan kawan-kawannya tak langsung mandi di laut. Mereka terlebih dulu menikmati kopi yang dijual pedagang.

Kemudian korban dan kawannya izin untuk berfoto di pinggir pantai dengan kedalaman kurang lebih satu meter. Tiba-tiba korban terseret arus laut dan tenggelam. Waktu itu masih sempat melambaikan tangan.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin membenarkan informasi wisatawan hilang tersebut.

“Sudah kita terjunkan Satpolairud bersama Basarnas dan BPBD. Saat ini masih dilakukan penyisiran mencari korban,” imbuhnya.

Tak hanya dari aparat Kepolisian, BPBD, SAR dan Basarnas, kelompok nelayan Samudera Bakti juga melakukan pencarian.

Lembaga yang membawahi destinasi wisata Bangsring Underwater itu, menugaskan beberapa nelayan untuk turut serta melakukan pencarian korban hilang.

Dalam pencarian korban, kelompok Nelayan Samudra Bhakti bersama anggota Kepolisian melakukan penyisiran ke Pulau Tabuhan. “Ini bukan karena apa, tetapi murni karena kemanusiaan,” kata Ikhwan Arief selaku Pembina Kelompok Nelayan Samudera Bhakti.

Pengelola Underwater Bangsring ini mengaku, bahwa dirinya sering kali mengajak beberapa nelayan yang datang dan memandu wisatawan di pulau.

Kelima wisatawan lokal dari Sidoarjo yang berkunjung ke Pulau Tabuhan yang dilaporkan hilang tersebut, yakni :

  1. Mochamad Farid Cahyo R , (19) pelajar, warga Masangan Wetan Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

  2. Kurniawan (21) pelajar/mahasiswa, warga Kebunanom Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

  3. Fuad Affandi (22) , Pelajar/mahasiswa, warga Kelurahan Kebonsikep Gedangan Kecamatan Gedangan Sidoarjo ( Korban Hilang).

  4. Ahmad Miftahul Umum (21) Pelajar / mahasiswa warga Kelurahan Masangan wetan Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

  5. Mohamad Ifan (21) pelajar/ mahasiswa warga Kelurahan Gating Kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Tinggalkan Balasan