Banyak Kasus Covid-19, Wilayah RW 3 Pingit Di – “Lockdown”

  • Whatsapp
Sejak pagi pintu masuk di wilayah RW 3 Pingit, Kota Yogyakarta ditutup total. (Foto : Bambang S / Portal Indonesia)

YOGYAKARTA|porta-indonesia.com – Salah satu kampung  di wilayah RW 3 Pingit, Kota Yogyakarta sejak Rabu (23/12/2020) pagi menerapkan “lockdown”  dengan menutup total pintu masuk kampungnya, setelah tujuh warganya terpapar Covid-19. Tujuh warga yang terkena Covid itu terdiri dari lima perempuan dan dua lainnya laki-laki.

Bacaan Lainnya

Dari tujuh penderita itu enam di antaranya masih satu keluarga, terdiri dari  kakak-adik, anak dan cucunya. Mereka adalah keluarga dari seorang janda berinitial ‘L’. “Tadi siang empat orang dalam  satu keluarga  yang terpapar positif itu telah dijemput petugas kesehatan,” tutur Praptono, Ketua RT 9 RW 3 Pingit kepada Portal Indonesia via pesan WhatsApp-nya.
Dari tujuh yang terkena korona, enam di antaranya positif Covid-19, sedangkan adik L, berinitial ‘T’ hanya reaktif corona saja setelah  rapid test secara mandiri . Diperkirakan keluarga L ini tertular Covid dari menantunya beritial  ‘T’,  setelah menantu laki-laki itu pulang melayat. Satu lainnya yang positif Covid, berinitial ‘A’, adalah warga tetangga sebelah yang tinggal masih dalam satu RW. Riwayat perempuan muda ini terpapar Covid, diduga karena pekerjaannya di lembaga sosial.
Praptono menjelaskan, empat orang dari keluarga L ini dijemput tim medis untuk dirawat di shelter pasien tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Bener Yogyakarta,“Tadi setelah dijemput petugas, rumah Ibu L juga langsung disemprot disinfektan oleh petugas BPBD,” tambah Nono, sapaan Ketua RT itu.
Setelah warganya banyak yang terkena Covid-19, Pengurus RW 3 kampung itu berinisiatif menutup total dua pintu gerbang utama yang biasa untuk akses keluar-masuk warganya.  “Untuk sementara pintu pagar ditutup total. Warga kalau mau keluar-masuk lewat pintu belakang,” tutur seorang warga kampung itu.
Sejak makin banyak kasus Covid-19 yang dialami warganya, penduduk RW 3 itu mulai tertib menerapkan protokol kesehatan (porkes) dengan mengenak masker ketika keluar rumah. (bams)

 

Tinggalkan Balasan