Refleksi Hari Ibu : Ibu, Inspirasi bagi Pemimpin untuk Layani Rakyat

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi

YOGYAKARTA|portal-indonesia.com – Di tengah situasi sulit seperti masa pandemi Covid-19 saat ini peran perempuan disebtunya sangat strategis guna memberikan keteladanan.

Sosok perempuan atau  ibu adalah sebagai sumber inspirasi bagi pemimpin untuk mau melayani, memberdayakan,  dan melindungi rakyat.

Bacaan Lainnya

“Seorang ibu, sejak mengandung sudah memberikan penghidupan bagi janinnya. Melahirkan merawat dan membesarkan, demikiam pula dalam kehidupan. Bahkan, RA Kartini menyebut perempuan adalah soko guru peradaban, ini penting disuarakan saat sekarang,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto, dalam refleksi menandai Peringatan Hari Ibu,  22 Desember, Selasa, (22/12/2020).

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, lanjut dia,  tatkala banyak masalah  hadir,  baik terkait dengan pelayanan kesehatan, layanan publik dan langkah konkret pelayanan ke rakyat.

Eko, lebih lanjut menyebut,  tatkala menengok lagi sejarah perjalanan kebangsaan, bangsa Indonesia mencatat ada sosok ibu yang menjadi sumber inspirasi Proklamator Kemerdekaan RI.  Peranan dan inspirasi itu hadir dalam sosok Sarinah, perempuan yang merawat dan mendidik Soekarno dalam urusan dengan rakyat yang terekam dalam buku Sarinah.

Mengutip kalimat dalam buku Sarinah, dikisahkan bagaimana Soekarno belajar banyak atas keteladanan yang ditunjukan dan dicontohkan dalam tindakan. Sarinah, kata dia,  mengajarku mencintai rakyat. Massa rakyat, rakyat jelata.

“Selagi ia memasak di gubuk kecil dekat rumah, aku duduk di sampingnya dan kemudian ia berpidato, Karno, yang terutama engkau harus mencintai ibumu. Akan tetapi kemudian engkau harus mencintai pula rakjat jelata. Engkau harus mencintai manusia umumnya,” kutip dia di pesan Bung Karno, seperti tertulis  di buku Sarinah.

Karena itu, sosok dan peran perempuan, sosok ibu masa kini penting menjadi inspirasi. Bukan hanya dalam konsep, tetapi keteladanan dan aksi nyata. Ini mengingat ibu adalah inspirasi dan penyemangat untuk senantiasa berjuang melayani memberdayakan dan melindungi rakyat.

“Ibu penyemangat untuk pemimpin selalu mengayomi dan menenteramkan hati anak-anak bangsa. Terutama guna menjaga semangat terus edukasi lawan Covid-19,  seperti ibu yang tidak bosan mendidik anak-anaknya, untuk terapkan sikap disiplin,” pungkas Ketua Komisi A DPRD DIY ini. (bams)

Tinggalkan Balasan