Diduga Pondasi Dangkal, Tembok Penahan Jembatan Kali Alas Pantai Dona Ambruk

  • Whatsapp
Kondisi tembok penahan jembatan Kali Alas Pantai Dona di Desa/Kecamatan Semadam, Kabupaten Aceh Tenggara. (Photo: Aliasa/Portalindonesia)

KUTACANE|portal-indonesia.com – Peristiwa ambruknya tembok penahan jembatan Kali Alas Pantai Dona di Desa Semadam, Kecamatan Semadam, Kabupaten Aceh Tenggara, yang terjadi Sabtu (19/12/2020) menuai perhatian dan sorotan warga sekitar.

Bahkan sejumlah warga menduga dalam pengerjaan proyek yang diketahui menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler Tahun Anggaran 2020 sebesar 6 milyar rupiah tersebut tidak sesuai bestek.

Bacaan Lainnya

Seperti yang diutarakan salah tokoh masyarakat Tanoh Alas, Tabane (50) kepada portal-indonesia.com di lokasi proyek, Senin (21/12/2020).

ia menduga dangkalnya pondasi yang menjadi penyebab tembok penahan jembatan itu ambruk dan retak-retak.

“Ambruknya bangunan ini, diduga penggalian pondasi sangat dangkal. Terlebih lagi pada bagian di Krui, hanya batu krikil untuk timbunan baru sehingga timbunan itu belum tentu sampai ke dasar sungai,” kata Tabane.

Menurutnya, kualitas bangunan itu sangat diragukan sekali. “Sebab, hanya dalam hitungan satu hari dari sejak penimbunan, batu krikil timbunan tersebut habis meresap hilang bagai ditelan bumi,” ungkap Tabane.

Tabane berharap kepada pihak dinas terkait untuk melakukan pengawasan yang serius terhadap pengerjaan proyek tersebut.

“Harapan saya bagi tim pengawas agar dapat mengawasi pekerjaan ini dengan serius. Soalnya bila jembatan ini terputus, maka akan berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat seberang,” ucapnya.

Sementara Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Aceh Tenggara Bakri ST mengatakan, bahwa pondasi yang ambruk tersebut akan segera dilakukan perbaikan.

“Sudah perintahkan pihak kontraktor untuk merampingkan badan jalan agar bisa menggali pondasi baru yang lebih dalam, supaya kekuatan bangunan lebih terjamin sesuai harapan,” kata Bakri saat dikonfirmasi portal-indonesia.com.(aliasa)

Tinggalkan Balasan