Unisan Gorontalo Dampingi Ekowisata Pinus Motilango

  • Whatsapp

GORONTALO | portal-indonesia.com – Beberapa Minggu terakhir, terlihat mobil operasional kampus Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo selalu lalu lalang masuk di kawasan hutan Pinus Motilango di Desa Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.

Mobil operasional tersebut, juga kerap kali terlihat diikuti kendaraan roda dua yang dibawa oleh mahasiswa lengkap dengan jas almamater dan peralatan camping.

Bacaan Lainnya

Diketahui, para mahasiswa Unisan tersebut sedang melaksanakan suatu kegiatan yang diketuai Dr. Ariawan, SE (Fakultas Ekonomi), Jupri (Fakultas Hukum) dan Frengky (Fakultas Teknik).

Ketika dihubungi via WhatsApps, Selasa (25/11/2020), Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ichsan Gorontalo Jupri SH MH mengatakan bahwa, kegiatan yang tengah dilaksanakan di kawasan hutan Pinus Motilango di Desa Motilango Kecamatan Tibawa, merupakan kegiatan pengabdian dengan mengangkat tema “Wajah Baru Ekowisata Pinus Motilango”.

“Ini sebagai wujud nyata akademisi-akademisi Unisan dalam mengejawantahkan doktrin Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian,” kata Jupri.

“Alhamdulillah langkah ini sangat direspon oleh Mitra yang dalam hal ini adalah pemegang izin pemanfaatan hutan Pinus Motilango yakni Koperasi Pinus Jaya Sejahtera,” sambungnya.

Jupri menjelaskan, kegiatan pendampingan Unisan bersama mitra ini guna mendorong Wajah Baru Ekowisata Pinus Motilango yang sudah mulai berjalan.

Selain itu, ada penambahan wahana di dalam kawasan ekowisata Pinus yang telah dikerjakan, diantaranya Rumah Literasi, Gasebo-Gasebo, Rumah Pohon, Langit Warna-warni (Payung), dan lokasi camping.

“Kami mengharapkan masyarakat Gorontalo untuk datang berkunjung ke Ekowisata Pinus Motilango, selain terjangkau dengan cukup membayar lima ribu rupiah, kita sudah ikut meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan tentunya memanjakan mata pengunjung,” tutup Jupri.

Dihubungi terpisah, Ketua Pengelola Ekowisata Pinus Motilango Soleman Hasan mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak Universitas Ichsan Gorontalo karena telah konsisten melakukan pengawalan dalam pengembangan Ekowisata Pinus Motilango.

“Tidak bisa dipungkiri, lokasi wisata ini pertama kali dibuka oleh mahasiswa KKLP Unisan Gorontalo awal tahun 2020,” ungkapnya.

Ia berharap, pengembangan Ekowisata Pinus Motilango ini kedepannya bisa lebih mendorong perekonomian masyarakat sekitaran kawan hutan Pinus Motilango. “Kelestarian alam ini harus kita jaga” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan