Di Purbalingga, Mensos RI Juga Berikan Bansos KUBE Kepada 60 Kelompok

  • Whatsapp
Mensos RI Juliari P Batubara saat berada di Purbalingga. (Foto : Dariyanto / Portal Indonesia).

PURBALINGGA I Portal-Indonesia.com – Dalam kunjungan di Kabupaten Purbalingga, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara memberikan bantuan sosial di Pendopo Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Jumat (20/11) kemarin sekitar pukul 13.15 WIB. Dalam acara Pemberian Bantuan Tunai (BST) tahap 8 tersebut, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara didampingi oleh sejumlah pejabat di Kementrian Sosial RI. Ikut hadir dalam acara tersebut Utut Adianto anggota DPR RI dari fraksi PDIP Dapil 7 dan dede Indra Permana anggota DPR RI daei Fraksi PDIP dapil 10

Bahkan acara itu diikuti oleh sejumlah pejabat Dinas Sosial Propinsi Jawa tengah, Pjs Bupati Purbalingga, Ketua DPRD R Bambang Irawan serta 10 anggota DPRD Fraksi PDIP Kab Purbalingga serta Jajaran Dinas Sosial Kab Purbalingga.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutanya Mensos RI mengatakan bahwa ia memastikan program program bantuan sosial yang diintruksikan oleh Presiden RI IR Joko Widodo bisa dieksekusi secara tepat dilapangan oleh Kementrian Sosial RI yang bermitra dengan PT POS Indonesia.

”Kementrian Sosial prinsipnya bekerja sama dengan Pemda karena program kita itu ke keluarga oleh karena itu Purbalingga pendataanya yang rajin sehingga saudara yang terima bansos tepat sasaran dan koordinasinya baik sekali,” kata Juliari saat pidato dihadapan sejumlah TKSK dan para pendamping PKH.

Selain itu Menteri Sosial juga memberikan bansos dalam bentuk KUBE untuk 60 kelompok senilai 1,2 M untuk membantu keluarga yang hampir naik kelas.

“Artinya tidak perlu mendapatkan bansos, namun kita beri Bansos KUBE semoga bermanfaat, kami dibulan Desember 2020 ini akan menambah lagi alokasi bansos Tunai sekitar 25 ribuan lagi,” katanya

Selain itu Mensos juga meminta ketua DPRD Purbalingga ikut memantau warga yang belum dapat Bansos agar dimasukan namanya ke data milik Dinas Sosial untuk segera dikirimkan ke Kementrian Sosial.

“Program ini akan dilanjutkan sampai bulan juni 2021, selain itu warga Purbalingga diminta agar selalu koordinasi dengan Pemda, jika belum dapat bansos sama sekali datang saja ke Dinas Sosial Purbalingga, karena bagian aspirasi dari DPRD Purbalingga,” katanya.

Direktur Utama PT POS Persero Indonesia Bambang Faisal Rohmad Jumadi mengatakan bahwa alokasi BST oleh penerima manfaat sejateng pada Tahap 1 sampai 8 terserap sebanyak 97%. Kabupaten Purbalingga sampai dengan tahap 8 Penerima manfaat sebanyak 25712 anggaran terserap 98%.

“Secara spesifik Kecamatan Karanganyar ada penerima manfaat 1021 orang dan pada bulan Nopember dana Bansos teserap 95%, namun sampai dengan tahap 8 total terserap 99, hari ini kami serahkan tahap 9 diberikan lebih awal dalam sebulan dapat bansos dua kali,” kata Bambang. (DAR)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan