Polres Pekalongan Imbau Pengendara Waspada Musim Hujan

  • Whatsapp
Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Pipit Witianingsih. (Foto : M. Ali Ridho / Portal Indonesia)

PEKALONGAN | portal-indonesia.com – Polisi mengimbau kepada pengendara agar lebih waspada saat berkendara di musim hujan. Pasalnya faktor cuaca dapat mempengaruhi kondisi jalan hingga berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Pipit Witianingsih, S.I.K., M.M mengatakan, musim hujan mengakibatkan munculnya banyak genangan air yang dapat menutupi jalan. Konsekuensi musim hujan, jalan akan lebih banyak berlubang karena tergerus arus air. Untuk itu, diimbau bagi pengguna jalan untuk berhati-hati.

Bacaan Lainnya

“Saat ini masih memasuki musim penghujan. Jadi, harus lebih hati-hati karena ketika hujan lebat, jarak pandang terbatas. Ingat, jaga jarak kendaraan dan kecepatan,” kata AKP Pipit, Jum’at (20/11/2020)

Lebih lanjut Kasat Lantas mengungkapkan bahwa kecepatan kendaraan saat turun hujan juga turut berpengaruh bagi keselematan saat berkendara.

“Saat kecepatan tinggi, genangan air juga dapat menimbulkan hilangnya kontak ban dengan permukaan jalan sehingga kendaraan menjadi tidak stabil,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun mengingatkan agar pengendara motor memilih untuk menepi dan berteduh saat terjadi hujan deras. Namun demikian pihaknya tidak menyarankan berteduh di bawah pohon.

“Kalaupun memaksa harus jalan, sebaiknya menggunakan mantel yang bentuknya setelah baju dan celana. Saya mengimbau untuk jangan menggunakan mantel hujan bentuk ponco atau Batman, karena berisiko masuk ke jari-jari atau rantai yang dapat menyebabkan kecelakaan. Ini pernah terjadi, dan diharapkan tidak terulang,” katanya. (Ali)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan