Tebing Sisi Sungai Pelus Sokaraja Longsor

  • Whatsapp
Tebing talud tepian Sungai Pelus Sokaraja, Banyumas yang mengalami longsor. (Foto : Sugito / Portal Indonesia).

BANYUMAS | Portal-Indonesia.com – Tebing talud sisi Jalan Nasional Banyumas – Purbalingga, tepatnya di sebelah timur Jembatan Kali Pelus atau timur traffic light Sokaraja, Banyumas mengalami longsor, Kamis (19/11/2020). Peristiwa tanah longsor terjadi sekitar pukul 09.50 WIB diawali dengan jatuhnya material tanah di lereng tebing penyangga sisi jembatan.

Tidak hanya material tanah yang berguguran ke bawah aliran sungai Pelus, namun sebuah pohon palem juga ikut roboh dan masuk ke sungai. Sempat terjadi kemacetan lalu lintas saat petugas dari Polsek dan Koramil Sokaraja menebang dan membersihkan pohon yang tumbang tersebut.

Bacaan Lainnya

Tidak ada korban jiiwa dalam kejadian itu, namun terjadi kerusakan pada talud sepanjang sekitar 7 meter dan kedalaman sekitar 10 meter.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banyumas, Eri Cahyono saat dihubungi mengatakan peristiwa longsornya tepian sungai tersebut hanya menyisakan sekitar 1 meter ke jalan raya.

“Penyebab longsor tebing pinggiran sungai pelus ini lantaran akumulasi hujan sejak kemarin, dimana tanahnya sudah menyimpan air sangat banyak lalu ditambah tergerus aliran sungai yang deras karena hujan lebat,” paparnya. (Git)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan