BNPB Siagakan Helikopter untuk Antisipasi Merapi

  • Whatsapp
Kepala BNPB Donny Monardo didampingi Komisi VII DPE RI

YOGYAKARTA | Portal-Indonesia.com –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) siagakan helikopter dan membantu Rp 1 miliar untuk Kabupaten Sleman. Ini untuk memperlancar tugas relawan dalam proses mitigasi penanggulangan bencana Gunung Merapi yang saat ini berstatus Siaga Merapi level III.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Donny Monardo  mengatakan penyiapan helikopter dan bantuan uang tersebut juga diberikan kepada tiga daerah di Jawa Tengah. Karena sejak  5 November lalu, status Merapi Siaga atau pada level III.

Bacaan Lainnya

“Pesawat helikopter tersebut diperlukan untuk mitigasi kebencanaan sehingga bisa cepat penanganannya bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” kata Donny saat peninjauan ke Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY, Kamis (Kamis (19/11/2020).

Dalam kesempatan itu Donny menyatakan siap mendukung penuh proses mitigasi penanggulangan bencana Merapi yang kini statusnya Siaga. Dia percaya di bawah Badan Geologi untuk melakukan penelitian dan evaluasi tiap waktu terkait aktivitas vulkanologi Gunung Merapi.

Berapa lama status Siaga Merapi level III akan berlangsung, maka  harus mengikuti arahan  BPPTKG. “Kami tempatkan satu unit helikopter untuk Pemda DIY dan Pemda Jateng dalam rangka antisipasi hal-hal terkait kegunungapian,” jelas dia.

Semua pihak tentunya tidak ingin kebencanaan erupsi Merapi membawa konsekuensi korban jiwa dan harta benda. Karena itu perlunya memantau langsung untuk memastikan kesiapan dari pelbagai aspek untuk meminimalisir korban jiwa maupun harta benda. (Bamb)

 

 

Editor: tris

Tinggalkan Balasan