Gelapkan Duit Perusahaan Rp 124 Juta, Warga Kedungbanteng Banyumas Diringkus

  • Whatsapp
Tersangka LA (kiri) diperiksa polisi. (Foto : Istimewa)

 

BANYUMAS | Portal-Indonesia.com– LA alias Ipung (56) warga Kedungbanteng, Banyumas diringkus
Satreskrim Polresta Banyumas lantaran diduga menggelapkan uang salah satu dealer kendaraan di Purwokerto.

Bacaan Lainnya

Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka melalui Kasat Reskrim AKP Berry mengungkapkan, penangkapan terhadap tersangka setelah dilaporkan oleh atasannya. LA diduga melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatannya sebagai karyawan PT. Sinar Motor Indonesia yang bertanggung jawab terhadap proses pengurusan STNK dan BPKB.

Dijelaskan AKP Berry, bermula pada bulan Agustus 2019 lalu ada tagihan BPKB oleh PT. WOM Finance Purwokerto. Sehingga kemudian PT. Sinar Motor Indonesia melakukan pengecekan atau audit ke bagian BPKB dan terdapat temuan bahwa BPKB yang belum di proses sebanyak 162 BPKB.

Kemudian tanggal 14 November 2019, tersangka menyerahkan dua berkas formulir proses BPKB dan berkas tersebut sudah tidak ada tunggakan biaya. Sehingga total BPKB yang belum di proses oleh LA adalah sejumlah 160 buah.

Bulan Februari 2020 lalu, Branch Manager PT. Sinar Motor Indonesia meminta LA untuk menyelesaikan pengurusan kekurangan 160 BPKB tersebut.

Akan tetapi hingga sekarang, lanjut Berry, tersangka tidak bisa menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga PT. Sinar Motor Indonesia mengalami kerugian sebesar Rp 124 juta.

“Unrik penyidikan lebih lanjut, LA beserta barang bukti diamankan di Mapolresta Banyumas,” pungkasnya.

Kemudian atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 374 KUHP tentang tindak pidana penggelapan dalam jabatan dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara. (KJ)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan