Pemilihan RT Dan RW Muharto Berlangsung Secara Demokratis

  • Whatsapp

Tampak warga memasuki bilik suara yang disediakan panitia pemilihan RT dan RW di Muharto.

KOTA MALANG | portal-indonesia.com – Tidak hanya pada waktu pemilu legeslatif dan presiden warga bisa memilih secara langsung dan demokratis. Ada hal yang cukup menarik di perhelatan pilihan ketua RT dan RW di daerah Muharto gang 7 kelurahan Kota Lama kecamatan Kedungkandang kota Malang. Minggu ( 15/11/2020 )

Bacaan Lainnya

Dari pantauan portal-indonesia.com di lokasi pemilihan ketua RT dan RW, tampak perhelatan pemungutan suara tersebut di buat seperti pileg atau pilpres. Di TPS juga dilengkapi oleh bilik suara, surat suara, tabel perolehan suara, tinta jari dan juga para petugas TPS.

Menurut Misbakhul Munir selaku ketua panitia pemungutan suara Di RW 09 Muharto ini menuturkan ” untuk kali pertama kami menyelenggarakan pemilihan RT dan RW dengan cara yang sama dengan pemilihan legeslatif ataupun pilpres. Mulai dari undangan untuk para pemilih, surat suara,bilik sampai dengan petugas di TPS juga persis dgn pemilu. Para petugas TPS pun juga wajib lakukan sumpah sebelum lakukan tugas. Di pemilihan ketua Rt dan Rw kali ini akan ada 13 TPS. Hal tersebut sesuai dengan jumlah Rt di wilayah Rw.09 ini. Jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) sendiri nerjumlah 1200 pemilih. Pemilih wajib membawa undangan dari panitia pemungutan suara. Guna menghindari adanya pemilih ganda, panitia juga mewajibkan para pemilih membawa foto copy Kartu Keluarga.” terang pria ini pada portal-indonesia.com

Misbhakul juga menambahkan ” setelah nantinya 13 TPS telah melaksanakan pemungutan suara akan dilakukan rekapitulasi suara dan penetapan hasil pemungutan suara. Harapannya warga Rw.09 khususnya dan warga Muharto umumnya untuk terus terapkan cara demokrasi dan musyawarah dalam bermasyarakat ” pungkasnya.

Lain pula apa yang di ungkapkan salah satu warga yang enggan di sebutkan namanya mengatakan ” saya sangat setuju dan mendukung dengan adanya pemilihan RT dan RW secara demokratis. Dengan dipilih langsung, saya berharap bisa melahirkan ketua RT dan RW yang sesuai dengan keinginan warga. Bagi ketua RT maupun ketua RW yang terpilih nantinya, saya berharap bisa membuat wilayah RW.09 ini semakin baik, aman dan nyaman. Kegiatan pemilihan semacam ini harus terus di laksanakan dan dipertahankan di setiap agenda pemilihan ketua RW dan RW mendatang ” ungkapnya. ( Junaedi ).

Tinggalkan Balasan