Melintasi Jalur Makadam, Tim PMM Dari UMM Bagikan Hand Sanitizer Ke Warga Di Puspo

  • Whatsapp

Aldy Rahman bersama tim, saat sosialisasikan hand sanitizer

PASURUAN | Portal-indonesia.com – Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 69 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jatim, mensosialisasikan Protokol Kesehatan (Protkes) di Desa Jimbaran, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan pada 27 Oktober 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

Dimana selain sosialisasi dan mengedukasi tentang pentingnya mematuhi Protkes, Tim PMM kelompok 69 tersebut juga membagikan cairan hand sanitizer sebanyak 100 botol kepada warga setempat.

Meski melintas di jalur makadam atau jalan tanah penuh bebatuan yang berliku, hal itu tidak menyurutkan semangat para Tim PMM untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh dosen Ali Mahmud S.Pt., M.Pt, dengan program kerja yang bertema “Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” utamanya di era new normal saat ini.

Seperti dengan apa yang disampaikan oleh Aldy Rahman dalam hal ini selaku Ketua Tim PMM, yang mana acara tersebut merupakan salah satu rentetan program kerja yang dilakukan sebelumnya.

“Acara ini merupakan salah satu rentetan program kerja dari tim PMM, dan kegiatan kita lakukan hari ini pembagian 100 botol hand sanitizer”. Kata Aldy Rahman.

Perlu diketahui bersama, bahwa UMM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terfavorit yang berada di Kota Malang, Jawa Timur.

Aldy Rahman juga mengungkapkan, apa yang dilakukannya itu adalah sebagai bentuk kepeduliannya untuk memutus rantai penyebaran covid 19 dengan cara mengedukasi masyarakat.

“Konsep acara ini adalah pemberian edukasi kepada masyarakat yang menerima hand sanitizer, agar selanjutnya lebih terbiasa dengan menjaga kebersihan sebagai usaha preventif dari berbagai macam penyakit”. Tambahnya.

Yang mana tujuan dari program kerja kelompok itu sendiri adalah, agar kedepannya warga atau masyarakat lebih membiasakan untuk menerapkan pola PHBS hingga wabah covid 19 berakhir.

Lebih lanjut Dirinya juga menjelaskan, bahwa pihak Tim PMM juga lebih memprioritaskan kepada warga yang sudah berusia lanjut termasuk anak-anak.

“Masyarakat yang ditargetkan, merupakan masyarakat lansia dan anak-anak. Pemilihan target tersebut karena lebih rentan terkena penyakit.

Dari acara ini, tentunya akan menjadi keuntungan bagi masyarakat terutama pada anak-anak. Karena edukasi dan pembagian hand sanitizer ini dapat menjadi usaha, untuk lebih menanamkan kebiasaan PHBS sejak dini.

Berkaitan dengan kegiatan semacam itu, dalam hal ini Kusmat selaku Kepala Dusun (Kasun) Tanjek Wetan, Desa Jimbaran mengungkapkan terima kasih.

“Tentu kita merasa senang dan mengucapkan banyak terima kasih, karena mahasiswa melakukan kegiatan pembagian handsanitizer ini menandakan bahwa mahasiswa peduli akan kondisi rakyat kecil”. Ungkapnya Kasun Kusmat, seraya dengan raut wajah penuh kesenangan.

Menurutnya, masyarakat beruntung karena pembagian hand sanitizer ini selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sehari-hari tetapi juga bisa menambahkan rasa kekeluargaan dari mahasiswa kepada masyarakat Desa Jimbaran. (Ek/Ghana)

Tinggalkan Balasan