Semalam, Pasar Terbesar di Kendal Terbakar

  • Whatsapp
Kebakaran yang terjadi di Pasar Weleri, Kabupaten Kendal, Rabu (12/11) malam.

KENDAL | Portal-Indonesia.com– Kebakaran hebat terjadi di Pasar Weleri yang berada di Jalan Utama Tengah Weleri Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebakaran itu mengakibatkan ratusan kios dan los di Pasar Weleri ludes terbakar, Kamis malam (12-11-2020). Api mulai terlihat di Kios bagian timur sebelah utara belakang sekitar pukul 21.05 WIB, dengan cepat api semakin membesar dan merambat ke bagian tengah dan membakar hampir seluruh kios dan los di lantai bawah dan lantai atas Pasar terbesar di kabupaten Kendal itu.

Sejumlah pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangannya, namun sebagian besar tidak bisa menyelamatkan dagangannya karena api sudah membesar dan melalap ratusan kios dan los baik dilantai bawah maupun di lantai atas.

Bacaan Lainnya

Ratusan pedagang yang datang ke lokasi hanya bisa pasrah menyaksikan dagangannya ludes dilalap si jago merah. Sedikitnya sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan amukan si jago merah.

“Api terliat sudah mulai membesar di sisi sebelah timur utara belakang sekiar pukul 21.05 WIB, dan dengan cepat merambat kebagian tengah pasar,” terang Rohadi (45), petugas penjaga malam Pasar Weleri.

“Saya langsung datang ke lokasi begitu mendapat kabari terjadi kebakaran di Pasar Weleri untuk menyelamatkan barang dagangan, namun sesampainya dilokasi saya sudah tidak bisa menyelamatkan barang dagangan dan hanya bisa pasrah menyaksikan semua dagangannya terbakar,” Ucap Suwarno (48) pedagang pakaian di lantai bawah.

Karyadi (48) salah satu pengurus Paguyuban Pedagang Pasar Weleri menuturkan, api yang dengan cepat membesar dan merambat ke bagian tengah pasar sangat sulit di padamkan. Karena area Pasar Weleri yang sangat luas dan akses jalan menuju ke area tengah pasar sangat sempit sehingga menyulitkan petugas pemadam kebakaran, selain itu kondisi Hydran di sekitar Pasar Weleri tidak berfungsi dengan baik.

“Perkiraan saya 90 persen kios dan los dipasar Weleri 1 ini ludes terbakar,” Jelas Karyadi

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal,Toni Ari Wibowo menuturkan, proses pemadaman api terkendala air dan Hydran yang tidak berfungsi. “Petugas terpaksa mengambil air dari sungai terdekat. Ramainya warga yang berkerumun dan para pedagang yang mencoba menyelamatkan dagangannya juga menyulitkan mobil kebakaran mendekat ke lokasi kebakaran” Kata Toni.

Penyebab dari kebakaran hebat di Pasar Weleri tersebut belum diketahui secara pasti, namun akhibat dari kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan Milyar rupiah.

Sementara itu dari pantauan Portal Indonesia di lokasi, hingga Jumat pagi (13-11-2020) terlihat petugas kebakaran masih berjibaku memadamkan api yang membakar ratusan kios di pasar tersebut. (Pedro)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan