Sekda Bener Meriah: Manfaatkan Lahan Terbatas dengan Tanaman Hidroponik

  • Whatsapp

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si saat membuka Pelatihan Hidroponik Sederhana di Aula Gedung Empu Beru Komplek Perkantoran Pemkab Bener Meriah. (Photo. Istimewa).


BENER MERIAH | portal-indonesia.com – “Dalam Ilmu Pertanian yang dimaksud Hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, tapi dengan cara memanfaatkan air dan memperhatikan asupan nutrisi bagi tanaman, tanaman bebas hama dan penyakit, hemat tempat, tanaman tumbuh lebih cepat”.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dihadapan puluhan peserta Pelatihan Hidroponik Sederhana, di Aula Gedung Empu Beru Komplek Perkantoran Pemkab Bener Meriah, Jum’at (13/11/2020).

Kegiatan pelatihan Hidroponik Sederhana dalam rangka peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga dengan diikuti 60 peserta dari beberapa organisasi wanita yang tergabung GOW Kabupaten Bener Meriah tersebut mendapat apresiasi Pemda Kabupaten Bener Meriah

“Ini merupakan inisiatif berlian dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bener Meriah, dan semoga dapat diimplementasikan di rumah masing-masing, jangan hanya sekedar pelatihan tapi prakteknya nol alias tidak ada sama sekali,” ungkap Sekda.

Pada acara ini, Sekda menegaskan bahwa, untuk menjadi seorang pembudidaya Hidroponik tidak harus dari lulusan sekolah atau kuliah di Fakultas Pertanian. Tapi menurut Sekda, kalau itu ada, tentu akan semakin sukses.

“Ibu-Ibu sebagai pemula juga bisa dengan mudah mempelajarinya,” ucap Haili Yoga memberi semangat kepada peserta pelatihan.

“Sekarang ini, kita lebih memilih sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanam dengan tekhnik Hidroponik karena hasil dari bercocok tanam dengan teknik hidroponik ini dijamin bebas dari pestisida, dan sangat baik buat kesehatan kita dan keluarga,” sambungnya.

Sekda dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan manfaat dan keuntungan bercocok tanam dengan tekhnik Hidroponik. “Keuntungannya, antara lain kualitas dari tanaman tersebut pasti terjamin, tanaman akan tumbuh lebih cepat dari pada tanaman yang kita tanam di tanah, yang jelas tidak menggunakan pestisida, tidak perlu lahan yang luas, tidak ada rumput dan lainnya,” terang Sekda Haili Yoga.

Sementara Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi saat ditanya tentang mafaat dan tujuan diadakannya pelatihan tersebut menjelaskan bahwa, kegiatan pelatihan ini dapat memberi pemahaman kepada para peserta khususnya kepada ibu-ibu yang tergabung dalam GOW Bener Meriah tentang budidaya tanaman dengan tekhnik Hidroponik.

“Kita harapkan, ibu-ibu ini nantinyna akan dapat menerapkan disekitar rumah masing-masing serta mengajak masyarakat sekitar,” jelas Ny. Nikmah Sarkawi.

Terakhir Ketua GOW Bener Meriah itu menyampaikan budidaya tanaman dengan tekhnik Hidroponik saat masa pandemi ini, memiliki banyak manfaat.

“Selain bisa memanfaatkan waktu luang saat di rumah, hasil dari budidaya tanaman dengan tekhnik Hidroponik itu juga bisa untuk menghemat pengeluaran keluarga khususnya untuk bahan pangan dan sayur dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga,” pungkasnya.

Pada kegiatan pelatihan dengan narasumber Erwin Nugraha, S.Pd tersebut dibuka oleh Bupati Bener Meriah yang diwakilkan oleh Sekda.

Turut hadir pada acara ini, Asisten II Abdul Muis, SE. MT, Ketua DWP Ny. Risnawati Haili Yoga, S.SiT, Kebag Humas dan Protokol Hasyimi IB, S.KM, M.Kes dan undangan lainnya.

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan