Hasil Sidak Wali Kota Malang dan DPRD Komisi B Terkait Tercemarnya Air PDAM

  • Whatsapp

Saluran pompa air 3 Wendit yang tercemar dan terkontaminasi minyak solar. 


MALANG RAYA | portal-indonesia.com – Merujuk pada kegiatan sidak yang dilakukan oleh Wali Kota Malang maupun pihak lembaga legeslatif (DPRD-Komisi B) merupakan respon cepat atas keluhan masyarakat (konsumen pengguna air PDAM) karena tercemarnya air yang berbau solar.

Bacaan Lainnya

Adapun sidak yang dilakukan oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Jumat (13/11/2020), menyangkut persoalan penanganan oleh tim teknis (agar kembali normal) dan hasilnya adalah air sudah kembali normal.

Mengutip dari berita media online yang sudah beredar, Sutiaji justru menyatakan jika air sudah kembali bersih

“Sudah saya cek. Sudah jernih kembali. Seandainya diperbolehkan langsung saya minum” ujar Sutiaji.

Sementara dari sidak yang dilakukan oleh pihak anggota Dewan dari Komisi B dihari yang sama, Jumat (13/11/2020), fokus pada penyebab, yakni didapatkan fakta bahwa pencemaran air dari saluran pompa Wendit 3 dikarenakan kontaminasi bahan bakar solar dari ruang genset. Sebagaimana yang sudah dirilis oleh media online NMP.

“Sesuai hasi tinjauan, disimpulkan ada unsur sabotase oleh oknum yang ingin memperburuk citra PDAM. Maka segera saja melaporkan pada pihak kepolisian secara resmi” ujar Agus Trio Ketua Komis B.

Terkait kegiatan sidak dua lembaga (Eksekutif dan Legeslatif) dihari yang sama, awak media portal-indonesia.com menghubungi secara langsung Direktur PDAM (Tugu Tirta-red) Muhklas, Jumat (13/11/2020)

Muhklas mengatakan terimakasih atas respon cepat pihak kedua lembaga yang telah menerima pengaduan masyarakat konsumen pengguna air Tugu Tirta.

Dalam keterangan, Mukhlas juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah bergerak cepat dengan menerjunkan tim teknis dilapangam untuk segera mengetahui baik penanganannya maupun penyebabnya.

“Semua sudah maksimal berupaya terkait hal tersebut. Pihak Pemkot pun dalam hal ini Wali Kota Malang juga sudah meninjau langsung ke lokasi dan fokus mencermati penanganan tim teknis, serta sudah mengetahui hasilnya, dan telah terbukti air normal kembali” ujar Muhklas

“Sedangkan tinjauan oleh pihak Komisi B, didapati unsur penyebab pencemaran yang mengakibatkan air terkontaminasi solar, yang diduga ada unsur sabotase” sambungnya

“Dan sesuai anjuran ,baik Wali Kota Malang maupun Ketua Komisi B pada saya untuk segera melaporkan unsur penyebabnya” terang Muhklas

“Saya sudah menyikapinya dengan melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisian” akunya.

“Kepada semua yang telah beratensi dalam penormalan air, kami mengucapkan banyak terimakasih serta memohon maaf kepada semua masyarakat selaku konsumen air atas gangguan layanan dikarenakan ada penanganan perbaikan saluran Wendit 3” beber Direktur Tugu Tirta/PDAM Kota Malang.

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan