Terdesak Ekonomi, Pria Ini Tebang Kayu Jati Perhutani

  • Whatsapp

 

CILACAP | Portal-Indonesia.com – Unit Reskrim Polsek Gandrungmangu berhasil mengamankan RA (48) warga Cilacap yang kedapatam menebang kayu jati di Petak 23B RPH Gandrungmangu, BKPH Sidareja, KPH Banyumas Barat, masuk wilayah Desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap pada Senin (21/10/2020) sekira pukul 13.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Dalam konferensi pers yang digelar di halaman Mapolres Cilacap, Kamis (12/11/2020), Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya mengungkapkan bahwa kejadian ini terjadi sewaktu pelapor sedang melaksanakan patroli rutin bersama empat rekannya di petak 23B RPH Gandrungmangu BKPH Sidareja PKH Banyumas Barat wilayah Desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, dari kejauhan terdengar suara seperti ada yang menebang kayu.

Kemudian petugas patroli menuju ke asal sumber suara tersebut dan dari atas mereka melihat seseorang yang sedang menebang kayu jati.

“Selanjutnya petugas patroli rutin hutan melaporkan ke Polsek Gandrungmangu,” jelas Kapolres Cilacap.

Selain mengamankan pelaku, Unit Polsek Gandrungmangu berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah golok panjang 55 cm, 1 buah kapak/bel, 7 batang kayu jati berbentuk persegi dan 4 gelondong kayu jati.

Dikatakan Kapolres bahwa pelaku ini sudah dua kali melakukan penebangan dan alasannya karena terdesak kebutuhan ekonomi.

Kepada petugas, RA mengaku kayu curian yang ia tebang dijual ke orang lain yang sudah siap menampung.

Atas perbuatannya tersebut pelaku dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf c UU Nomor 18 Th 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. (Est)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan