Mobil Perpustakaan Mini Hasil Inovasi Brilian Bintara Satlantas Polres Oku Timur 

  • Whatsapp

MARTAPURA OKUT | portal-Indonesia.com -Untuk mengatasi sulitnya pelajar didaerah pelosok atau daerah pedalaman, Polres Oku Timur membagikan wifi gratis kepada para pelajar di wilayah Bol bol Kecamatan Jayapura Kabupaten Oku Timur. Kamis (12/11/2020)

Ditengah pandemi COVID-19, tidak semua pelajar siswa dapat mengikuti proses belajar online atau daring dengan lancar.

Bacaan Lainnya

Sebagian besar siswa di wilayah Bol bol Kecamatan Jayapura Oku Timur, kesulitan mengikuti belajar karena orang tuanya kurang mampu membeli pulsa atau kuota internet.

Banyak diantara siswa yang proses belajar mengajarnya harus menumpang pada temannya yang mempunyai smartpone atau ikut menumpang.wifinya.

Melihat hal tersebut, Polres Oku Timur mendatangi wilayah yang terletak di daerah pelosok ini dengan mobil peduli pendidikan anak dengan mobil bekas yang dimodifikasi oleh Bripka Rino Riki Saputra dari Satuan Samsat Satlantas Polres Oku Timur.

Dalam hal ini, Satuan Samsat Satlantas Polres Oku Timur memberikan inovasi berupa bantuan Wife Gratis untuk siswa di di daerah pedalaman wilayah Oku Timur ini.

Ide Bripka Rino Riki Saputra memodifikasi mobil bekas ini setelah ia melihat banyak warga di daerah yang kesulitan belajar karena terkendala jaringan.

Selanjutnya, dengan menggunakan dana pribadi dan dukungan dari Kapolres Oku Timur, ia membenahi mobil operasional yang kurang layak pakai itu.

Ditangan kreatif Bintara anggota Satlantas Polres Okut ini, mobil 4X4 double cabin atas itu kemudian dimodifikasi menjadi perpustakaan mini atau perpustakaan keliling wilayah pelosok pedalaman guna membantu.masyarakat pedalaman khususnya pelajar yang jaringan internet kurang signal dan khusus pelajar yang kurang mampu untuk membeli smart phone atau merasa berat orang tuanya untuk membeli data atau kuota internernya.

Berkat peran Bintara Satlantas Polres Okut ini, sehingga kendaraan yang telah dimodifikasi menjadi perpustakaan mini atau perpustakaan itu bisa keliling ke wilayah pelosok pedalaman dan ikut memberikan bantuan kepada pelajar/siswa.

Sementara titik kumpulnya siswa/pelajar untuk bisa mengikuti kegiatan proses belajar mengajar melalu daring dan perpustakaan mini tersebut ditentukan sesuai waktu jam dan tempat yang disepakati bersama.

Ide brilian ini didukung dan direspon oleh Kapolres Okut AKBP Darlizon.

“Kerja anggota kita sangat kita dukung dan kita bantu fasilitasnya guna ikut membantu dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa, apalagi saat ini ditengah pandemi COVID-19. Peran pendidikan sangatlah penting guna mencerdaskan generasi penerus bangsa dan negara,” ungkap Kapolres Okut AKBP Darlizon.

Pada kesempatan itu, Wakapolres Okut Kompol Erwin, S Manik SIK MH, didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Okut dan Wali Kelas VII SMP Negeri 03 Marta, langsung turun kelapangan untuk melihat proses belajar lewat fasilitas wifi dan perpustakaan mini yang dikelola anggota Polantas Polres Okut.

Sementara saat Kasat Lantas Polres Oku Timur AKP Cindy Helyadi S.I.K, saat dihubungi, membenarkan bahwa anggotanya yang ikut berperan dalam membantu ide modifikasi mobil bekas dijadikan perpustakaan mini dan pengadaan wifi gratis.

“Ini sangat mendukung dengan program kapolda sumsel yang terkenal dengan Mang Pedeka kepedulian dengan masyarakat sebagai mana Telegram Kapolda Sumsel ST/1279/VIII/LIT,1.4/2020 tgl.31/08/2020,Si Pena (Polisi Peduli Pendidikan Ana),” ujar Polwan berparas manis AKP Cindy Helyadi S.I.K mantan Paur Selek Bag Dalpers Rosdm Polda Sumsel yang belum satu pekan ini menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Okut.

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan