Dua Kelompok Ternak di Banyumas Terima Bantuan 40 Ekor Sapi

  • Whatsapp

 

BANYUMAS | Portal-Indonesia.com – Bantuan sapi potong sebanyak 40 ekor kepada dua kelompok ternak di Kabupaten Banyumas, secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di Pendopo Wakil Bupati Bamyumas, Rabu (11/11).

Bacaan Lainnya

Adapun kelompok ternak yang menerima bantuan tersebut, yaitu kelompok ternak “Sido Urip” Desa Sambengkulon, Kecamatan Kembaran dan Kelompok Ternak “Lembu Jaya” Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng. Kedua kelompok tani ternak ini masing-masing mendapat bantuan sebanyak 20 ekor sapi.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Didi Rudwianto mengatakan sapi-sapi tersebut, secara fisik sudah diserahkan kepada para anggota kelompok ternak beberapa hari lalu melalui Balai Veteriner Subang. Sapi sapi tersebut merupakan bantuan Pemerintah melalui Kementerian Pertanian dalam Program Pengembangan Ruminansia Potong 2020.

“Program ini merupakan salah satu upaya negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para peternak,” jelas Didi.

Selain menerima bibit sapi potong penjantan, peternak juga mendapatkan obat cacing dan vitamin.

“Selain itu sapi ini juga diasuransikan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Didi.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan bantuan sapi yang diberikan dari Kementrian Pertanian ini melalui usulan anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, S. E, MHum. Meski Sunarna tidak hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Wabup memastikan bahwa beliau dapat memantau melalui tim yang dikirim.

Untuk itu Wabup meminta kepada penerima bantuan, agar sapi-sapi tersebut dirawat dengan baik. Agar bisa cepat besar dan dapat berkembang.

“Beri makan yang banyak dan jaga kesehatannya dengan pemberian obat-obatan yang sesuai agar badannya gemuk dan jangan dijual, sebelum waktunya,” papar Sadewo.

Hal tersebut sebagai pertanggungjawaban kelompok agar memberikan kesempatan kelompok lain mendapatkan bantuan.

“Apabila bapak bapak berhasil maka kami akan mengusulkan kembali kepada Pak Sunarna agar kembali memberikan bantuan,” katanya.

Sementara itu Ketua kelompok ternak “Lembu Jaya” Desa Windujaya Eko Sunarto mengaku bersyukur kelompoknya menjadi salah satu penerima bantuan.

“Terima kasih kami kepada Pak Sunarna, Pak Wakil Bupati dan dinas peternakan,” katanya. (KJ).

Editor: tris

Tinggalkan Balasan