Amanat Mensos RI, Wawako Lubuklinggau: Peringatan Hari Pahlawan Jangan Hanya Sekedar Seremoni

  • Whatsapp

Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar saat menjadi Irup Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, di halaman eks Perkantoran Pemkab Musi Rawas, Taba Pingin. (Photo. Istimewa)


LUBUKLINGGAU | portalindonesia.com –  Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, di halaman eks Perkantoran Pemkab Musi Rawas, Taba Pingin.

Bacaan Lainnya

Pada upacara ini, Wawako menyampaikan amanat Menteri Sosial RI:

“Hari Pahlawan kiranya tak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu. Perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa sebagaimana tema Hari Pahlawan 2020 “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” ujarnya.

Dikatakan, dulu bangsa ini berjuang dengan mengangkat senjata. Sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun dalam masa pandemi COVID-19, peringatan Hari Pahlawan 2020 ini berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong,perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia

Semangat kepahlawanan yang terus menyala,dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

Demikian sambutan tertulis Mensos RI yang dibacakan Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar saat menjadi Irup Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 di Lubuklinggau.

Wawako dan Forkopimda Ziarah ke Taman Makam

Saat di Taman Makam Pahlawan Patria Bukit Sulap Lubuklinggau.

Setelah upacara, Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar bersama Forkopimda melakukan upacara ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Patria Bukit Sulap Lubuklinggau, Selasa (10/11/2020).

Upacara dipimpin Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono dilanjutkan dengan peletakan karangan dan penaburan bunga oleh Kapolres bersama-sama FORKOPIMDA.

Kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’.

Tema ini memiliki makna filosofis, yakni sebuah upaya yang bisa dilakukan untuk terus mengenang sepanjang masa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono mengajak semua pihak dalam memperingati Hari Pahlawan dimasa pandemi COVID-19 untuk menjadi Pahlawan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Mari kita menjadi pahlawan dengan mematuhi protokol kesehatan agar tetap selalu sehat”, ujar Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono.

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan