TNI Kawal Pelaksanaan Rapid Test Panitia Pilkada Wonosobo

  • Whatsapp
Anggota Kodim 0707/Wonosobo mengawal pelaksanaan rapid test terhadap anggota KPPS, PPS dan Trantib untuk Pilbup Wonosobo. (Foto : Yanto Saga / Portal Indonesia).

WONOSOBO | Portal-Indonesia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo mulai tanggal 8 – 16 November 2020 melakukan rapid test terhadap seluruh anggota KPPS, PPS dan petugas Trantib untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo 9 Desember mendatang.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat memerintahkan Danramil Jajaran Kodim agar menugaskan para Babinsa mendampingi pelaksanaan kegiatan rapid tes tersebut.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut disampaikan Dandim bahwa situasi saat ini khususnya di Wonosobo yang terpapar Covid-19 tiap harinya mengalami penambahan jumlah. Sehingga upaya KPU melaksanakan kegiatan rapid tes ini sangalah tepat, dan harus didukung oleh semua pihak. Untuk itu Kodim 0707/Wonosobo ikut mengamankan jalannya pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, yang saat ini sebagian kecil masyarakat mulai tidak mempercayai adanya virus tersebut,” Tandas Dandim Wonosobo, Selasa (10/11).

Untuk itu dengan adanya rapid test tersebut, disamping sebagai upaya pencegahan penularan juga diharapkan tidak muncul klaster baru.

Yusi Arofah salah satu anggota KPU Wonosobo menyampaikan, KPU bekerja sama dengan Puskesmas setempat untuk menyelenggarakan rapid tes sejumlah 19.260 orang.

“Apabila nanti ada yang test nanti ada yang reaktif maka akan ditindaklanjuti sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19. Akan ada beberapa tim medis untuk pelaksanaan rapid test tersebut, ” Paparnya.

Ditegaskan pula tujuan pelaksanaan rapid test yakni untuk memastikan bahwa selama bertugas nanti baik itu PPK, PPS dan KPPS dalam keadaan sehat. Pelaksanaan Pilkada mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dengan adanya kegiatan rapid tes ini diharapkan nantinya masyarakat yang akan melaksanakan pencoblosan merasa aman, sebab para petugasnya sudah dinyatakan sehat bebas dari covid-19. Sehingga tidak muncul klaster baru. (YS).

Editor: tris

Tinggalkan Balasan