Warga 3 Desa di Banyumas Terima Ribuan Bibit Durian Bawor

  • Whatsapp

 

BANYUMAS | Portal-Indonesia.com — Warga di tiga Desa di wilayah Kabupaten Banyumas, yakni Desa Tamansari Kecamatan Karanglewas serta warga Cikidang dan Rancamaya Kecamatan Cilongok memperoleh bantuan 4.320 bibit durian jenis Bawor dari Bank Rakyat Indonesia bekerja sama dengan BenihBaik.com dan Pemerintah Kabupaten Banyumas. Penyerahan secara simbolis dilakukan di GOR Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Sabtu (07/11/2020).

Bacaan Lainnya

Bibit durian yang diberikan kepada warga tiga desa tersebut, diharapkan sudah berbuah dua tahun mendatang dapat menambah pendapatan masyarakat.

Regional Risk Manager Bank Rakyat Indonesia Yogyakarta Yudi Amiarno mengatakan, pembagian bibit duren tersebut untuk Desa Tamansari akan memperoleh 2.000 pohon, Desa Cikidang 1.150 pohon, dan Desa Rancamaya 1.170 pohon.

“Pemberian bibit sebanyak 4.320 bibit durian senilai Rp 750 juta yang diberikan kepada warga di tiga desa di Banyumas ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) senilai Rp 750 juta dan diharapkan bisa mengembangkan perekonomian masyarakat serta menambah asri lingkungan sekitar,” katanya.

Kepada petani penerima bantuan, Yudi Amiarno berharap bisa memberikan dampak tidak hanya kepada pelestarian lingkungan, tetapi juga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan keluarga.

Sementara CEO BenihBaik.com Andy F Noya menyampaikan, pemberian bibit durian ini merupakan bentuk kolaborasi dan kerja sama dari banyak pihak sehingga diharapkan durian yang ditanam bisa dijaga, dirawat dengan baik supaya sungguh bermanfaat bagi masyarakat.

”Saya berharap setelah ini ada tanggung jawab besar, yakni tanggung jawab untuk memastikan bahwa bibit durian yang dibagikan hari ini bisa tumbuh berkembang dan sehat. Jika tanpa ada perawatan, hasilnya tidak akan optimal,” harap Andy F Noya.

Dia juga meminta pemerintah desa dan masyarakat, nantinya dapat bekerja sama dalam memasarkan hasil panen durian dan melibatkan BUMDes.

”Dari hasil pertama, kedua, dan seterusnya, kita berharap akses pasar itu terbuka lebar dibantu BUMDes, dibantu paguyuban petani durian, dan tentu saja semua pihak yang bisa membantu agar hasil panen ini bisa terserap pasar,” katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengapresiasi program tersebut. Ke depannya, diharapkan program ini berlanjut hingga ada 13.000 pohon durian. Jika dalam sekali panen, dengan harga per kilogram Rp 40.000-Rp 80.000, diperkirakan bisa menghasilkan uang hingga Rp 7 miliar.

Bupati Husein juga meminta supaya hasil panen durian diolah menjadi produk yang bernilai tambah.

”Durian ini bisa diolah menjadi kue, cake, atau es krim,” kata Husein.

Kepala Desa Tamansari Burhanudin Harahap mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada desanya.

“Kami bersama kepala desa penerima bantuan bibit durian ini akan memastikan durian diterima oleh warga akan dirawat sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat nantinya,” katanya. (KJ)

Editor: tris

Tinggalkan Balasan