Dipicu PHK Sepihak, Puluhan Buruh PT. SKL Turun Jalan

  • Whatsapp

Aksi demo karyawan PT.SKL di depan perusahaan di Pergudangan Maico Blok C 16/17 Wadung Asri, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. 


SIDOARJO | portal-indonesia.com – Puluhan karyawan PT. SKL (Sumber Karunia Laut) menggelar aksi demo di depan perusahaan di Pergudangan Maico blok C 16/17 Wadung Asri Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Bacaan Lainnya

Puluhan karyawan yang juga tergabung dalam Sarbumusi (Serikat Buruh Muslim Indonesia) ini, telah beberapa kali melakukan aksi turun jalan.

Aksi demo mereka mulai sejak Selasa (3/11) hingga hari ini, Sabtu (7/11), dipicu pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 58 karyawan tetap PT SKL.

Selain itu, karyawan tidak setuju dengan kebijakan Perusahaan yang memberikan pesangon sebesar satu kali gaji sebesar Rp 3,5 juta, yang rata-rata mereka sudah sebagai karyawan tetap dan sudah puluhan tahun bekerja pada PT.SKL.

Menurut Koordinator aksi demo, Suryadi, dirinya sangat menyayangkan dengan yang dilakukan secara sepihak oleh pihak perusahaan pada teman-teman Sarbumusi.

Lanjutnya, keputusan pihak perusahaan pada tanggal 3 November 2020 itu, dianggap telah menyalahi kesepakatan dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, serta memutuskan PHK secara tiba-tiba dan sepihak pada 58 karyawan.

“Jika tuntutan kami nanti tidak direspon perusahaan, maka akan ada unjuk rasa lagi dan akan kami lanjutkan ke ranah hukum pengadilan untuk mendapatkan keadilan,” tegas Suryadi.

Sementara itu Babinsa Desa Wadung Asri mengatakan, bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk menyampaikan aspirasi dari para karyawan yang tergabung Sarbumusi. “Baik dari Koramil dan Polsek Buduran, akan secepatnya memediasi antara perusahaan dengan para karyawan untuk memenuhi tuntutan mereka,” pungkasnya.

Editor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan